133 CJH Parigi Moutong Dilepas Bupati

SUMBER: HUMAS PARMOUT

Parigi Moutong,- H SAMSURIZAL Tombolotutu, Bupati Parigi Moutong pekan (05/08/2017) lalu melepas calon jemaah haji (CJH) di Masjid As-shobirin Lokasi Eks Sail Tomini. Dalam keterangannya, Kepala Kementerian Agama Parmout, Muslimin, M.Si mengatakan di tahun 2017 seharusnya CJH Parmout sebanyak 138 orang. Namun tiga orang dimutasi ke Kota Palu dan dua orang yang keberangkatannya tertunda dikarenakan sakit. Sehingga tidak memungkinkan untuk diberangkatkan. Sehingga yang dapat diberangkatkan sebanyak 133  orang. 

Dari 133 orang yang akan diberangkatkan, meliputi 79 orang CJH wanita dan 54 orang CJH pria. Dengan pengklasifikasian berdasarkan umur masing-masing yaitu; sebanyak satu orang berusia 17 tahun, 20  tahun, Empat orang CJH yang berusia 21-30 tahun, sebanyak 22 orang CJH berusia 31-40 tahun, 41 0rang CJH yang berusia 41-50 tahun, 37 Orang CJH yang berusia 51-60 tahun, 16 Orang CJH yang berusia 61-70 tahun dan sebanyak 12 orang CJH yang berusia 70-80 tahun. ‘’Adapun dari pengklasifikasian umur tersebut CJH yang diberangkatkan usia termuda CJH asal Parigi Moutong adalah usia 18 tahun dan usia tertuanya adalah usia 78 tahun,” terangnya.


Sementara itu Bupati selaku Ketua koordinator penyelenggaraan ibadah haji Parmout atas nama Pemerintah Daerah dan seluruh masyarakat Kabupaten Parigi Moutong mengucapkan selamat kepada 133 CJH yang diberangkatkan ke Mekkah untuk menunaikan ibadah hajinya.  Sehingga di tahun ini ada yang berbeda dengan pemberangkatan di tahun yang sebelumnya sekitar 150 -200 lebih yang diberangkatkan. 

Menurutnya, di tahun ini dari 500 ribu lebih jumlah penduduk Parmout hanya 133 yang diizinkan Allah untuk memenuhi rukun hajinya di tanah suci. ‘’Kita harus bersyukur dengan 133 orang CJH yang akan diberangkatkan ke tanah suci  karena mereka inilah orang tua kita yang mendapat panggilan untuk menunaikan ibadahnya,” ujarnya.


Bupati Samsurizal Tombolotutu juga mengatakan bahwa Parigi Moutong berada pada Kloter BPN 7 yang bergabung dengan CJH asal Kabupaten Banggai, Kabupaten Touna, Kabupaten Banggai Kepulauan dan Kabupaten Morowali Utara yang akan berangkat melalui  asrama haji transit Palu  dan berangkat menuju embarkasi Balikpapan tentunya ada beberapa orang CJH yang berusia lebih tua sehingga melalui kesempatan tersebut Bupati berpesan kepada semua CJH  yang masih muda untuk saling menolong kepada setiap orang yang tergabung dalam rombongannya tanpa pandang bulu. “Entah itu dari kabupaten lain mari kita saling membantu karena kita semua bersaudara,” pesannya.

Diakhir sambutanya, bupati berharap CJH setibanya di tanah suci seyogyanya mendoakan Kabupaten Parigi Moutong menjadi kabupaten yang selalu aman dan masyarakatnya  semakin makmur dan sejahtera. Sebelum pelepasan tersebut di mulai Bupati Parigi Moutong melakukan penandatanganan kesepakatan bersama antara Ketua Pengadilan Agama Parigi, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Parigi Moutong dan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Parigi Moutong tentang Kesepakatan pelayanan terpadu melalui persidangan keliling itsbat nikah, Penerbitan kutipan aktah nikah dan Penerbitan akta Kelahiran  di Kabupaten parigi moutong yang disaksikan oleh sejumlah pejabat tinggi di Kabupaten parigi Moutong.** 

Share on Google Plus

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
loading...
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN