Ada Asa Ubah Stigma Droping

Oleh : Fredy Zainal Abidin/wartawan senior

Palu,- TERPILIHNYA Hidayat Lamakarate sebagai Sekretaris Provinsi Sulawesi Tengah lompatan kaderisasi birokrat Sulawesi Tengah yang luar biasa. Tak kurang dari 30 tahun selepas H. Saleh Sandagang, SH pensiun sebagai Sekdaprov, wajah birokrasi provinsi ini di level jabatan eselon IB disuguhkan wajah-wajah birokrat droping dari Kementerian Dalam Negeri.

Pos jabatan tertinggi dan hanya satu-satunya ruang jabatan tingkat provinsi kemudian diisi Amur Muhasim, SH - Kepala Biro Humas Kemendagri Eselon IIIA yang promosi ke Eselon IB. Birokrasi pemerintah daerah provinsi Sulteng hanya bisa mengurut dada dengan pegawai droping itu karena personil di Kemendagri begitu banyak yang antri untuk promosi kenaikan eselon sementara ruang jabatan sangat terbatas. 

Pada masa itu, peraturan perundangan memungkinkan pemerintah pusat menurunkan personil droping mengisi pos jabatan di daerah. Karena belum otonomisasi pemerintahan di daerah. Tentu dibalik itu, posisi politik pemerintah daerah provinsi seperti Sulteng tak memiliki kekuatan menolak tawaran dan bargaining position. Dengan berdalih sisi positif atas keberadaan birokrat pusat yang jadi Sekdaprov akan memudahkan komunikasi pemerintah daerah dengan pemerintah pusat.

Setelah Amur Muhasim, SH, menyusul Pargiyo kemudian berturut-turut ada nama Samijono, juga pejabat droping dari Depdagri. Setelah itu barulah wajah birokrat daerah ini berperan sejalan dengan otonomisasi daerah. Diangkatlah Daud Laratu, birokrat karir Pemda Sulteng. Daud Laratu menjabat sekitar dua tahunan lalu diganti Gumyadi, perwira tentara yang beralih jadi PNS di pemda Sulteng semasa ia menjadi Bupati Buol Tolitoli.

Oleh karena perbedaan pendapat dengan atasannya saat itu Gubernur H.B.Paliudju, jabatan Sekdaprov Gumyadi terhenti melalui proses kilat yang menimbulkan banyak tanda tanya. Masa kekosongan jabatan Sekdaprov ini diisi Drs Baharuddin HT sebagai Plt Sekdaprov selama beberapa bulan. Selanjutnya nama Rais Lamangkona ditunjuk menjadi Sekprov definitif. Itu pun hanya kurang dari satu tahun ia menjabat dan pensiun. Rais Lamangkona lalu diganti Amdjad Lawasa. Lagi-lagi setelah sekitar tiga tahun lebih pada jabatan itu Amdjad pensiun dan diisi Plt Dery Djanggola.

Ada hal menarik soal siapa paska Rais Lamangkona kepala adminitrasi Pemprov Sulteng kala itu. Seyogyanya Dery Djanggola yang menjadi Sekprov menggantikan Rais Lamangkona. Dari proses rekrutmen yang dilakukan terhadap beberapa kandidat untuk jabatan tersebut, hasilnya Dery Djanggola memperoleh rangking teratas. Namun untuk menghindari gunjingan dan vested interes akhirnya Gubernur Longki Djanggola yang notabene adalah kakak kandung Dery dengan sangat terpaksa mengorbankan adiknya dan memilih Amdjad Lawasa.

“Saya merasa bersalah kepada adik saya Dery. Karena kakaknya Gubernur akhirnya saya terpaksa mengorbankannya dan memilih Amdjad guna menghindari sorotan publik,” kata Longki kepada saya pada suatu kesempatan.  Tak bisa dipungkiri, sejak Sekdaprov H. Saleh Sandagang hingga Plt Dery Djanggola, semua orang-orang ini mengakhiri jabatan Sekdaprov karena usia pensiun. Yang terpikir oleh kita, para birokrat karir itu usianya sudah tua-tua menghampiri 60 tahun.

Dengan terpilihnya Hidayat Lamakarate, ini merupakan suatu proses luar biasa untuk lompatan karir birokrat daerah. Dalam usia yang belum 50 tahun Hidayat Lamakarate diharapkan akan berprospek meniti karir birokrat putra daerah hingga jenjang Eselon IA. Bila ia 5 tahun dalam posisi Eselon IB Sekdaprov maka sisa 5 tahun usia masa baktinya sebagai ASN dapat berlanjut ke Eselon IA dipusat. Bila ini terjadi maka Hidayat Lamakarate telah merubah stigma droping birokrat pusat ke daerah menjadi birokrat daerah yang droping kepusat. Insya Allah. **



Share on Google Plus

About kailipost

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
loading...

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN