Alasan dan 10 Hal Unik Soal Najwa Shihab Apa Itu?

Sumber: tribunnews.com

PARA PENGGEMAR Acara Najwa Shihab (40 tahun) di Metro TV, memang mesti bersedih. Acara yang biasa ditayangkan setiap hari Rabu pukul 20:05 hingga 21.30 WIB itu akan berhenti tayang. Hal itu disampaikan sendiri oleh sang pembawa acara, Najwa Shihab, melalui akun Instagramnya.

Jurnalis dan anchor senior Najwa "Nana" Shihab (40), Selasa (8/8/2017) menyatakan mundur dari MetroTV. Sudah 17 tahun, sarjana hukum Universitas Indonesia (UI) ini berkarier di News Tv Channel ternama Indonesia itu. Banyak spekulasi yang muncul terkait alasan Resign-nya, wanita kelahiran Ujungpandang 18 September 1977 ini.

Salah seorang kerabat dekat Najwa, Prof Dr Qasim Mathar MA (68) menceritakan satu kisah dari kediaman ayah Najwa Shihab, Prof Dr Quraish Shihab (73) di kawasan Cilandak Timur, Jakarta Selatan, akhir Mei 2017 lalu. "Hal tersebut (rencana mundur Najwa) sudah saya dengar dari ibunya, saat kami berbuka puasa di awal Ramadan di rumahnya."

"Saat itu dikatakan, kontraknya dengan MetroTv sudah berakhir," tulis Qasim Mathar di group obrolan Instant, Senter-Senter Bella, Rabu (9/8/2017) pagi. Di group yang 80 persen membernya adalah guru besar, profesional, politisi dan birokrat senior asal Makassar ini, Qasim menjawab pertanyaan dan kiriman tautan link dari guru besar ekonomi Unhas.

Qasim yang juga mantan Direktur Pasca Sarjana Unismuh Makassar ini melanjutkan cerita tentang rencana Najwa setelah kontraknya habis di MetroTV. Kepada Qasim, Ibunya Najwa bercerita, " Najwa akan melakoni kegiatan "Duta Baca". Qasim mengaku tak bertanya banyak dan detail tentang rencana adik sepupunya itu.

"Tentang ada unsur SARA di tv itu, saya tak tahu, semoga hanya isu.," kata Qasim menutup mention chat kepada Prof Dr Madjid Sallatu, ekonom senior Unhas. "Ibunya (Najwa) mengajak kami masuk ke bagian belakang (rumah) di situ, rumah Pak Quraish satu area dengan rumah anak-anaknya, juga termasuk Najwa, "Saat itu Najwa belum pulang (belum di rumah)."

Sekadar diketahui sejak medio 2016 lalu, Perpustakaan Nasional menobatkan Najwa Shihab sebagai Duta Baca Indonesia. Wakil Pemimpin Redaksi MetroTV ini terpilih menjadi Duta Baca Indonesia periode 2016-2020. Sebelum Najwa, seniornya di Media Indonesia, Andi F Noya, (host talkshow ternama MetroTV Kick Andy) juga jadi Duta Baca Indonesia (2011-2015).

Lima tahun sebelumnya, presenter Tantowi Yahya juga menjadi Duta Baca Indonesia (2006-2010). Najwa sudah dikaruniai satu anak lelaki, M Izzath Asseggaf (16 tahun).  Suami Najwa, Ibrahim Sjarief Asseggaf, adalah advokat di firma Assegaf Hamzah & Partners, di Jakarta.

Sejak menjadi duta baca, di sela-sela jabatan sebagai Wapimred MetroTV, saban bulan, Najwa keliling Indonesia, masuk sekolah menengah SMP, SMA di penjuru Nusantara untuk kampanye gemar membaca. Guru Besar Filsafat UIN Alauddin Makassar ini berkisah, saat awal Ramadahan 1438 H, dia bersilaturahim ke rumah Prof Quraish, sekaligus berbuka puasa.

Di rumah itulah, Hajjah Fatmawati Asseggaf, ibu Najwa, mengemukakan rencana putrinya untuk meninggalkan MetroTV kepada Qasim. Najwa Shihab, sosok pembawa acara berita cantik satu ini pasti tak asing lagi. Nama Najwa mulai menjadi pembicaraan masyarakat karena pengumuman berakhirnya program Mata Najwa di akun Instagramnya.

Banyak fakta menarik tentang putri cendekiawan muslim Quraish Shihab ini. Penasaran apa saja? Berikut ini adalah 10 fakta Najwa Shihab yang perlu kamu ketahui.

  1. Asal Makassar, Najwa Shihab atau yang akrab dipanggil Nana ini berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan. Ia lahir di Makassar, pada 16 September 1977.
  2. Hampir kepala 4, Najwa kini hampir menginjak usia kepala empat. Ia genap berusia 39 tahun pada 16 September 2016 lalu.
  3. Putri Quraish Shihab, Pembawa acara berita kondang ini merupakan putri dari Quraish Shihab, cendekiawan muslim kenamaan Tanah Air. Ia juga merupakan keponakan dari Alwi Shihab, mantan Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) dalam Kabinet Indonesia Bersatu.
  4. Pertukaran pelajar, Kecerdasan Najwa sudah nampak sejak ia duduk di bangku sekolah. Ia terpilih mengikuti program pertukaran pelajar di Amerika Serikat selama satu tahun semasa SMA.
  5. Lulusan UI, Najwa diketahui menempuh pendidikan tinggi di Universitas Indonesia. Ia merupakan alumni Fakultas Hukum UI tahun 2000.
  6. Merintis karir di RCTI, Setelah lulus kuliah, Najwa mulai berkarir di dunia pertelevisian. Saat itu ia merintis karirnya di RCTI namun tidak dalam waktu lama.
  7. Bergabung dengan Metro TV, Najwa memutuskan bergabung dengan Metro TV pada tahun 2000. Metro TV dinilai lebih menjawab minat besarnya terhadap dunia jurnalistik.
  8. Ibu satu anak, Najwa diketahui telah menikah dengan seorang pria bernama Ibrahim Sjarief Assegaf. Pasangan ini telah dikaruniai seorang anak bernama Izzat Assegaf.
  9. Liputan tsunami Aceh, Najwa mulai dikenal setelah melakukan liputan dan laporan saat bencana tsunami Aceh, pada 2004 silam. Najwa tiba di Aceh pada hari-hari pertama bencana dan menjadi saksi mata kedahsyatan musibah dengan berada di tengah tumpukan mayat yang belum terurus. Karena kinerjanya tersebut, ia memperoleh penghargaan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pada tahun 2005.
  10. Penghargaan, Banyak penghargaan yang telah Najwa dapatkan selama kurang lebih 15 tahun berkarir. Salah satu yang bergengsi adalah penghargaan Asian Television Awards (ATA) 2011 Pemenang Kedua atau Highly Commended sebagai untuk kategori Best Current Affairs Presenter dalam acara Mata Najwa di Metro TV. Sebelumnya pada tahun 2009 juga menjadi Juara kedua dan pada tahun 2007 menjadi Juara Ketiga.**



Share on Google Plus

About kailipost

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
loading...

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN