Apa Kabar Cawagub? Ini Jawaban Gubernur

reportase: andono wibisono

Palu,- SETELAH Tim seleksi (Timsel) DPRD Sulteng mengembalikan tiga nama bakal calon wakil gubernur pasca mangkatnya almarhum Sudarto ke Gubernur Longki Djanggola, tiba-tiba rona geliat politik di gedung depan gubernuran seketika redup. Sejumlah politisi di DPRD tak lagi banyak mempertanyakan. 

Sebelumnya, ketiga nama bakal calon wakil gubernur yang diusulkan Gubernur hasil dari partai politik pengusung yaitu Hidayat Lamakarate, Zainal Daud, Oscar Paudi dikembalikan Timsel DPRD Sulteng. Alasan Timsel, nama yang diusulkan tidak sesuai dengan Tatib yang telah dihasilkan Timsel. Sedianya, hanya dua nama saja. Tetapi, karena DPP PAN juga merekomendir Oscar Paudi, maka Gubernur Longki meneruskan ke Timsel.

Lantas, bagaimana kelanjutan pembahasan Cawagub yang ditolak Timsel DPRD apakah akan ditindaklanjuti Gubernur? Ataukah Gubernur kembali akan membicarakan dengan partai politik pengusung dan pendukung? Ataukah, Gubernur sudah tidak lagi membutuhkan Wagub? Sejumlah pertanyaan ini selama ini belum disampaikan Gubernur Longki ke publik. 

Kaili Post via Whats App mengonfirmir hal ini pada pejabat nomor satu di Sulteng itu. Pertama; apakah benar Gubernur enggan memilih Wagub dari kader partai politik? Kedua; sebagai user, sebenarnya non parpol yang bagaimana figur yang diinginkannya? Dan yang ketiga, Kaili Post juga mempertanyakan apakah dalam waktu dekat ini akan ada penyerahan kembali nama-nama Cawagub non parpol ke Timsel DPRD Sulteng? 

Selang dua jam, Gubernur Longki menjawab dengan singkat. ‘’Sementara belum membahas wagub, nantilah kapan2. Yg pasti proses pengusulan cawagub tetap melalui Timsel DPRD. Tks.’’ Tulis gubernur via nomor WA-nya. Gubernur juga tidak menyinggung soal apakah dirinya sebagai user mengapa tidak memilih non parpol atau kader parpol? 

Sebelumnya, sebuah media cetak lokal melalui jejaring onlinenya menyebutkan bahwa Gubernur Longki enggan memilih Wagub dari kader parpol. Entah itu kader Gerindra, kader PKB, kader PAN atau kader parpol lainnya. Secara eksplisit, kabar itu memberikan sinyal kuat pada figur non parpol. Hal itu mengonfirmir konsistensi Gubernur Longki sebelumnya yang cenderung menjagokan Hidayat Lamakarate pada usulan Cawagub di DPRD. 

Lantas kapan gerangan Wagub Sulteng paska almarhum Sudarto akan kembali menjadi agenda politik di DPRD. Kita tunggu saja bandul politik selanjutnya. Akankah kotak pandora Wagub akan terisi dalam kurun waktu menyisahkan kepemimpinan Longki Djanggola sebagai pimpinan daerah ini hingga tahun 2021. ** 

Share on Google Plus

About kailipost

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
loading...

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN