Bangunan Sarang Burung Walet Bakal Ditertibkan

Pengendalian Tata Ruang Dinas PUPRP
REPORTER/BIRO PARMOUT: ROY LASAKKA

Parigi Moutong,- BANGUNAN Sarang burung walet di Kabupaten Parigi Moutong (Parmout) bakal ditertibkan sebagai bentuk pengendalian tata ruang yang dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP). Demikian yang diungkapkan Kepala Bidang Tata Ruang melalui Kepala Seksi Pengawasan Tata Ruang, Muluk Rizal kepada Kaili Post, Rabu (9/8).

Muluk mengatakan, saat ini pihaknya tengah mendatangi seluruh pemilik bangunan sarang burung walet yang berada di kawasan pemukiman untuk diberikan himbauan. Himbauan tersebut kata dia, agar pemilik bangunan sarang burung walet menghentikan suara dari speaker yang digunakan untuk memancing burung walet. Pasalnya, salah satu syarat untuk mendirikan bangunan di kawasan pemukiman jika tidak ada masyarakat yang merasa terganggu.

Sedangkan di Kabupaten Parmout khususnya di Kota Parigi, hampir sebagian besar bangunan sarang burung walet berada di kawasan pemukiman dan dianggap mengganggu warga disekitarnya. "Saat ini kami masih sebatas memberikan himbauan saja. Tapi, akan dilakukan penertiban terhadap bangunan sarang burung walet yang berada di kawasan pemukiman warga," ujarnya.

Ia mengatakan, selain bangunan khusus, rumah warga yang dialihfungsikan menjadi sarang burung walet juga bakal ditertibkan. Pasalnya, alihfungsi rumah menjadi sarang burung walet tersebut tidak sesuai dengan Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Rencananya kata dia, upaya pengendalian tata ruang yang dilakukan terhadap bangunan sarang burung walet tersebut hingga diterbitkannya Peraturan Daerah (Perda), yang mengatur hal itu. Sehingga, hasil pengawasan yang dilakukan pihaknya itu akan disampaikan kepada pihak Badan Koordinasi Penataan Ruang Daerah (BKPRD). Melalui penyampaian hasil pengawasan yang dilakukan tersebut kata dia, akan dimintakan untuk penerbitan Perda seperti, yang telah dilakukan ditingkat provinsi.

"Untuk sementara, kami hanya menghimbau saja kepada pemilik bangunan untuk menghentikan suara speaker dari sarang burung walet. Jika Perda tentang hal itu telah diterbitkan dan pemilik bangunan tidak mengindahkan teguran yang disampaikan nantinya, sudah jelas akan ditertibkan," tandasnya. ** 

Share on Google Plus

About kailipost

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
loading...

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN