BENAHI DESA ERATKAN TALI PERSAUDARAAN

REPORTER/BIRO MORUT: AKBEDRAN MUSTAPA

Morut,- SEMENJAK Dilantik 21 September 2016 lalu, Kepala Desa Tanah Sumpu Kecamatan Mamosalato Kabupaten Morut Suranto DS mulai membenahi pembangunan di desanya. Hal itu disampaikan pada Kaili Post ketika berkunjung di ruang kerjanya belum lama ini. Ia juga menyampaikan tujuan yang utama adalah pencapaian Visi-misi "Terwujudnya tata kelola pemerintah desa tanah Sumpu yang baik dan bersih guna mewujudkan masyarakat desa yang adil makmur, jujur, sejahtera dan bermartabat." 

Visi dan misi itulah yang menjadi patokannya kala kampanye di Pilkades Desa Tanah Sumpu sehingnga dirinya terpilih periode 2016 - 2021. ‘’Jadi amanah yang sudah dititipkan masyarakat pada saya harus betul-betul dijaga dan dirawat baik-baik, serta toleransi beragama yang berbeda tetap stabil dan pengelolaan ADD dan DD pun harus dipergunakan dengan baik dengan tepat sasaran.’’ Terangnya. 

Metode dan strategi memimpin desa, dirinya terus melibatkan masyarakat dalam pembangunan. Hal itu agar terjalin hubungan yang baik antar masyarakat desa. ‘’Jadi salah satu misi desa ini dalam pembangunan fisik harus terbuka sama masyarakat yaitu"Transparansi sumber keuangan dan pengeluaran desa,dimaksutkan agar setiap warga masyarakat Tanah Sumpu mengetahui anggaran Dana Desa atau keuangan desa setiap tahun, sehingnga kami pemerintah desa paling tidak empat kali dalam setahun harus mengadakan musyawarah desa (Musdes) supaya terbuka biar jangan ada dusta diantara kita,’’ kata Suranto. 

Untuk program berupa fisik 2017 yang sedang berjalan diantaranya; Pembangunan jalan desa (rabat beton) sudah mencapai penyelesaian 60%, pembangunan lapangan bola volly, pembangunan Pos Kamling, pembangunan drainase 120 meter sementara berjalan, pembangunan plat deker enam buah, pengadaan pagar kantor desa dan pintu kantor tiga buah, pengadaan Pot Bunga 200 buah dipinggir jalan Trans Sulawesi awal dan batas desa tanah Sumpu sehingga indah dipandang mata, pengadaan tenda dan kursi desa dan juga untuk pemberdayaan hari-hari besar keagamaan, seperti 17 agustus, PKK, karang taruna, Linmas serta Bumdes telah kami siapkan demi terwujud masyarakat sejahtera. ‘’Jadi kami pemerintah desa dengan para staf saya mengutamakan pelayanan publik,’’ pungkasnya. 

Suranto menghimbau sama masyarakatnya agar selalu mendukung pemerintahan desa dalam setiap pembangunan.Berharap juga pada Pemkab Morut pembangunan insfrastruktur tanggul sungai kurang kebih dari 500 meter yang selalu memicu banjir di desa Tanah sumpu mohon direalisasikan demi keselamatan masyarakat desa tanah sumpu yang sering banjir kalau hujan dan apabila debet air laut naik pasang. **

Share on Google Plus

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
loading...
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN