Bupati Sarankan Warga Tanam Tebu

PABRIK GULA DI PARIGI
Sumber: Humas pemkab parmout

Parigi,- BUPATI Parigi Moutong, Samsurizal Tombolotutu menyarankan warga Parmout untuk memanfaatkan lahan tidur dan produktif yang belum diolah untuk ditanami tebu. Hal itu guna menjawab tidak lama lagi Kabupaten Parmout akan membangun pabrik gula di Desa Sigenti Kecamatan Tinombo Selatan. Bupati juga menyarankan pula agar agar tanaman tebu dipagari pohon kelor.

Hal itu disampaikan Samsurizal dihadapan seluruh kepala desa se Kecamatan Tinombo saat pembukaan MTQ Tingkat Kecamatan Sidoan Jumat (11/08/2017). Lebih lanjut bupati mengatakan bahwa pembangunan pabrik gula adalah program pemerintah pusat yang salah satunya di bangun di Kabupaten Parigi Moutong. ‘’Ini adalah program Nasional, Pak presiden Joko Widodo ingin membangun 100 pabrik gula di Indonesia sehingga Joko Widodo menunjuk salah satu Kabupaten kita untuk dibangun pabrik gula,’’ kata ST, sebutan Samsurizal Tombolotutu.

"Kepada para camat, kepala desa dan kepala dusun agar segera menghimbau masyarakatnya untuk lahannya yang tidak dimanfaatkan segera ditanami tebu dan kelor. Selain itu juga dari pembangunan pabrik gula ini akan menyerap banyak tenaga kerja. Saya sudah meminta selain tenaga tekhnik itu semua masyarakat asli Parigi Moutong.’’ Terang Samsurizal tombolotutu.

Selain itu Samsurizal mengatakan pemilik Pabrik gula yaitu Kumar yang merupakan Presiden Direktur Sudevam grup ada di tengah-tengah kita untuk melakukan pemdampingan terhadap para petani. "Pabrik gula ini sudah dilihat langsung Gubernur Sulawesi Tengah dan beberapa kepala dinas provinsi di India pada April tahun 2016 lalu dan ternyata pemilik pabrik gula ini bukan hanya di India tetapi mempunyai jaringan pabrik gula sampai ke Brazil," terang bupati.

Sementara itu Bupati mengharapkan juga kepada masyarakat juga menanam kelor karena tanaman kelor sangat banyak manfaatnya karena mempunyai banyak vitamin. "Baru baru ini Kabupaten Parigi Moutong mendapat undangan dari kantor kedutaan Indonesia yang ada di Moscow Rusia untuk promosi kelor dengan beberapa olahan seperti kapsul kelor, pia kelor dan teh kelor serta mudah-mudahan tanaman kelor akan mendunia,"ujarnya. ** 

Share on Google Plus

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
loading...
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN