Cagar Alam Pangi - Binangga Rusak

Akibat Pembalakan Liar
reporter/biro parmout: roy lasakka

Parigi Moutong,- CAGAR Alam Pangi-Binangga di antara Kecamatan Parigi Utara dan Parigi Tengah Kabupaten Parigi Moutong (Parmout) yang merupakan salah satu kawasan hutan lindung serta memiliki banyak pohon ebony, ternyata kondisinya semakin rusak akibat aktifitas pembalakan yang tak kunjung berhenti. Bahkan, tak satu pun pelaku-pelaku pembalakan liar di kawasan cagar alam Pangi-Binangga tersebut yang terjerat hukum.

Begitu pula dengan pihak-terkait, seakan seperti terdiam dengan aktifitas pembalakan liar di cagar alam Pangi-Binangga yang jaraknya sangat dekat dengan Mapolres Parmout dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA). Ketua Lembaga Pecinta Alam dan Petualangan (LPAP) El Capitan Indonesia, Wahab Usman kepada Kaili Post, Kamis (3/8) mengatakan, kawasan cagar alam Pangi-Binangga sudah sangat lama mengalami pembalakan liar.

Bahkan, pohon ebony yang dulunya sangat mudah ditemukan di kawasan hutan lindung tersebut, kini jarang terlihat. Bahkan, akibat semakin berkurangnya pohon ebony di kawasan hutan lindung tersebut, para pelaku pembalakan liar yang kerap kali memanfaatkan masyarakat untuk melakukan penebangan sudah merambah jenis pepohonan lainnya.

Contohnya, hasil temuan rekan-rekannya di Desa Pangi Kecamatan Parigi Utara bersama dirinya, di kawasan hutan lindung tersebut terdapat sisa-sisa pepohonan bekas penebangan yang begitu banyak.
Menurutnya, hal itulah yang membuat semakin bertambahnya jumlah luasan kawasan hutan lindung, yang mengalami kerusakan akibat pembalakan.

Kondisi itu kata dia, harus menjadi perhatian bersama para pihak, baik pemerintah daerah maupun seluruh lembaga pemerhati lingkungan lainnya di Kabupaten Parmout. "Sudah banyak upaya lembaga-lembaga lingkungan untuk menghentikan aktifitas pembalakan liar di kawasan hutan lindung tersebut. Namun, belum membuahkan hasil. Namun, kegagalan tersebut bukanlah menjadi salah satu tolak ukur untuk berhenti menghentikan aktifitas pembalakan liar tersebut," ujarnya. ** 

Share on Google Plus

About kailipost

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
loading...

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN