Di Sulteng Ada 600 Koperasi Tidak Aktif

Harlah Koperasi ke 70 Tahun
Sumber: humas pemprov

Parigi Moutong,- PERINGATAN Hari Ulang Tahun Koperasi yang ke-70 tingkat Provinsi Sulawesi Tengah dihadiri Kepala bidang Pengembangan UMKM Kementerian  Koperasi Republik indonesia, Roni Indrawan. Peringatan HUT Koperasi yang dilaksanakan di Gedung Uditorium Kantor Bupati Parigi Moutong (9/8).

Ketua Panitia penyelenggaraan Kegiatan HUT Koperasi yang ke-70 Tingkat Provinsi Sulawesi tengah Jerry Budiman dalam laporannya diantaranya mengatakan terkait dengan pelaksanaan HUT Koperasi yang ke 70 tahun tingKat Sulteng diselenggarakan di Kabupaten Parigi Moutong sehari sebelum acara puncak kegiatan yang dilaksanakan kemarin selaku panitia pelaksanaan  kegiatan telah menyelenggarakan berbagai rangkaian kegiatan. 

Di antaranya jalan santai yang diikuti sebangak kurang lebih 2000 orang peserta yang terditri dari sejumlah para pemerhati koperasi, dan pimpinan OPD di wilayah Kabupaten Parigi Moutong. Menurutnya, kegiatan dimaksudkan dengan tujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat tentang peran dan keberadaan Koperasi di wilayah kabupaten parigi moutong sangat berperan penting dalam menyokong perekonomian masyarakat.

Sementara itu Wakil Bupati Parigi Moutong H Badrun Nggai,SE dalam sambutan ucapan selamat datang diantaranya mengatakan atas nama pemerintah Daerah Kabupaten Parigi Moutong sangat mengapresiasi terkait dengan penyelenggaraan HUT Koperasi ke-70 yang dilaksanakan di Kabupaten parigi Moutong, menurutnya untuk yang kesekian kalinya pemerintah Provinsi Sulawesi tengah telah mempercayakan kabupaten parigi moutong sebagai tuan rumah penyelenggaraan berbagai kegiatan, menurutnya hal ini setidaknya mampu meningkatkan perekonomian Masyarakat Kabupaten parigi moutong karena para peserta disetiap penyelenggaraan kegiatan yang dilaksanakan di kabupaten parigi moutong merupakan peserta yang berasal dari 11Kabupaten plus Kota bisa memberikan efek yang positif terkait dengan pendapatan masyarakan Kabupaten parigi moutong.

Selain itu Wakil Bupati Badrun Nggai juga mengatakan bahwa Kabupaten parigi moutong dengan panjang wilayah kurang lebih 472 kilometer persegi yang terdiri dari 23 kecamatan dan 278 desa dan 5 kelurahan yang memiliki beragam jenis suku dan ras  sehingga kabupaten Parigi Moutong boleh dikatakan miniature indonesia dan sampai saat ini kabupaten parigi moutong adalah kabupaten yang aman, damai dan sejahtera.

Sementara itu Gubernur yang diwakili Asisten 2 bidang perekonomian dan Kesejahteraan Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi tengah Drs.B.Elim Somba diantaranya mengatakan bahwa koperasi adalah cerminan dari perekonomian bangsa indonesia yang dibangun dengan prinsip gotong royong sebagai penyokong perekonomian rakyat. 

Sehingga menurutnya setiap jajaran Pemerintah Daerah atau intansi tekhnis diharapkan terus mengevaluasi kerja koperasi di daerah yang kita cintai ini, patut untuk di ketahui bahwa di Provinsi Sulawesi tengah ada sekitar 2000 lembaga koperasi yang terdaftar namun sekitar 600 lembaga koperasi yang dinyatakan tidak aktif dan ada 1400 lembaga koperasi yang dinyatakan aktif. 

Namun dengan keberadaan koperasi yang tersebar di wilayah provinsi Sulawesi tengah belum ada yang mampu memberikan hasil yang sangat memuaskan di banding koperasi yang berada di provinsi lainnya yang pengelolaannya setiap tahunnya diatas 8-18 milyar pertahunnya. 

Namun katanya patut untuk disyukuri provinsi Sulawesi tengah baru-baru ini mendapat penghargaan koperasi berprestasi tingkat Nasional dari presiden RI melalui Kementerian Koperasi terkait dengan predikat baik dalam pengelolaan kelembagaannya  yaitu koperasi bina sejahtera asal kabupaten Parigi moutong diserahkan langsung oleh Presiden RI Joko widodo pada peringatan hari Nasional pada tanggal 12 juli 2017 di Makassar. Pada Peringatan Hari Koperasi ke 70 Gubernur memberikan piagam penghargaan dan piala bagi pemenang lomba kegiatan memeriahkan HUT Koperasi ke-70. **

Share on Google Plus
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN