Dinas PUPRP Gelar Pelatihan dan Sertifikasi Tukang

REPORTER/BIRO PARMOUT: ROY LASAKKA

Parigi,- DINAS Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Parigi Moutong (Parmout) melalui Kepala Bidang Bina Marga, Hendra Bangsawan menyebutkan, pelatihan dan sertifikasi tukang yang telah berakhir merupakan penerapan undang-undang (UU) Nomor 2 Tahun 2017 Tentang Jasa Konstruksi, Kamis (3/8).

Dalam kegiatan pelatihan dan sertifikasi tukang yang dilaksanakan oleh Dinas Bina Marga Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), yang diikuti sebanyak 304 orang tersebut, Dinas PUPRP Kabupaten Parmout bertugas sebagai pihak yang memfasilitasi.

Pasalnya, dalam UU Nomor 2 Tahun 2017 tentang jasa konstruksi yang merupakan regulasi menggantikan UU Jasa Konstruksi Nomor 18 Tahun 1999 tersebut, juga dijelaskan bahwa para tukang yang dilibatkan harus bersertifikasi.

Bahkan, dalam UU tersebut kata dia, pelibatan para tukang yang tidak memiliki sertifikasi dalam kegiatan jasa konstruksi dianggap melanggar hukum. "Hal itu sangat jelas disebutkan dalam UU Jasa Konstruksi tersebut. Makanya, 30 orang tukang yang menjadi peserta dalam kegiatan teesebut langsung mendapatkan sertifikasi," ujar Hendra kepada Kaili Post di ruang kerjanya, Kamis (3/8).

Ia menambahkan, kegiatan pelatihan dan sertifikasi tukang tersebut akan dilaksanakan kembali oleh Dinas PUPRP Kabupaten Parmout.

Rencananya, pihaknya akan melayangkan surat terkait pelaksanaan kegiatan tersebut kembali kepada Dinas Bina Marga Provinsi Sulteng. Sertifikasi tenaga ketrampilan para tukang tersebut kata dia, sebenarnya kewenangan Dinas PUPRP Kabupaten Parmout.

Hanya saja, akibat masih adanya masa transisi dan mendapatkan kucuran dana APBN, sehingga kewenangan pelaksanaan kegiatan itu masih ditangani oleh Dinas Bina Marga Provinsi Sulteng.

"Kucuran dana APBN yang diterima oleh Dinas Bina Marga Provinsi untuk pelaksanaan sertifikasi tukang sebanyak 10 kali. Sedangkan Dinas PUPRP Kabupaten Parmout mendapatkan jatah dua kali pelaksanaan kegiatan serupa. Makanya, akan dilaksanakan lagi kegiatan serupa," tandasnya. **

Share on Google Plus

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
loading...
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN