Gagal Panen, Petani Cengkeh Morowali Kerja Serabutan

REPORTER/BIRO MOROWALI: BAMBANG SUMANTRI

Morowali,- Tahun 2017 ini,  petani cengkeh di Kabupaten Morowali terpaksa harus gigit jari. Pasalnya,  pohon cengkeh yang menjadi harapan para petani tidak menghasilkan buah. Misalnya di Desa Sakita Kecamatan Bungku Tengah, yang merupakan penghasil cengkeh terbesar tak seperti tahun-tahun sebelumnya. Sepanjang  pinggiran jalan penuh dengan cengkeh. Kali ini hanya tiga sampai empat rumah saja yang terdapat penjemuran cengkeh.

Pada saat panen raya pada tahun-tahun sebelumnya, di tepi jalan terlihat ramai dengan hamparan buah cengkeh yang dijemur untuk dikeringkan. Namun pada tahun 2017 ini, jalan di Desa tersebut terlihat sepi dan bersih. Amu, salah seorang warga Desa Sakita yang menggantungkan hidup dari hasil cengkeh tersebut menuturkan keluhannya (06/8/2017).

Dikatakan, ratusan pohon cengkeh miliknya tidak berbuah, hanya pohon yang berumur muda yang berbuah, itupun hanya sebagian kecil dan diperkirakan tak sampai 20 kilogram. "Tahun ini kita jelas kami gagal panen, pohon cengkeh yang sudah tua tidak berbuah, hanya pohon-pohon muda yang berumur dibawah 10 tahun saja yang berbuah, itupun cuma sedikit karena baru belajar berbuah" ungkapnya.

Dia juga menambahkan, kegagalan panen tahun ini kemungkinan besar dipengaruhi oleh curah hujan yang sangat tinggi. "Mungkin cuaca ekstrim yang terjadi di Morowali beberapa bulan terakhir yang mempengaruhi produktifitas pohon cengkeh hingga tak berbuah seperti saat ini. Seperti kita ketahui bersama, curah hujan yang sangat tinggi terus terjadi, namun semuanya kita kembalikan semuanya kepada Allah" tandasnya.

Sebagian besar warga akhirnya harus mencari pekerjaan lain untuk dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari,misalnya saja menjadi tukang bangunan, mencari rotan, dan mengolah sagu. ** 

Share on Google Plus

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN