Jembatan Kabose Jadi Asa Pesona 100 Tahun

REPORTER/EDITOR: DARWIS WARU 

Poso,- BERTEMPAT di Aula Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Poso, kamis,10 Agustus 2017 lalu, berlangsung seminar pendahuluan, rencana Pembangunan jalan penghubung Kayamanya - Bonesompe (KABOSE) di Kota Poso.

Pada kegiatan yang dihadiri oleh Wakil Bupati Poso, Ir. Samsuri didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Dr.Faidul Keteng, sejumlah Pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, hadir memberi masukan untuk memantapkan perencanaan pembangunan yang diharapkan akan menjadi land mark kota Poso. 

Dalam arahannya, Wabup Samsuri, menegaskan pentingnya kegiatan tersebut sebagai forum untuk mematangkan konsep pembangunan sebagaimana yang dipaparkan oleh tim konsultan. Beberapa hal yang menjadi fokus seminar itu antara lain, Analisis Mengenai Dampak Lalulintas (AMDALIN), Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL), Teritalisasi dan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS). 

Diketahui, rencana pembangunan jalan yang akan menghubungkan dua kelurahan tersebut, belakangan ini sempat menuai polemik di masyarakat, karena sejumlah pihak menilai pembangunan jalan plus jembatan megah itu belum mendesak, namun pihak lain merasa perlu menghadirkan sebuah bangunan monumental yang diharapkan menjadi ikon Kota Poso, sekaligus diharapkan mengatasi kemacetan Lalulintas sejak dini, termasuk diharapkan bisa menggairahkan usaha jasa dan pariwisata.

Pemerhati budaya Poso, Pramaartha Pode menilai, rencana pembangunan jembatan yang rencanya akan diberi nama jembatan Kabose (Kayamanya-Bonesompe), perlu didukung, hanya saja menurut Pramaartha, design pembangunannya harus dipastikan memiliki visi 100 tahun ke depan. “Dalam artian, 100 tahun ke depan, anak cucu kita masih akan terpesona dengan jembatan tersebut”, kata Pramaartha yang dikonfirmasi Kaili Post kemarin malam via telepon selulernya. **








Share on Google Plus

About kailipost

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
loading...

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN