Makin Banyak Calon, Kasman Berpeluang Lagi

PILKADA 2018 SERENTAK  (HABIS)
Reportase: andono wibisono 

SEPERTI YANG Sudah diulas terdahulu, Pilkada 2018 mendatang di Sulteng yaitu Kabupaten Morowali dan Parigi Moutong. Untuk ulasan terakhir kali ini, reportase akan mengulas geliat hajatan lima tahunan kepemimpinan kabupaten di Kabupaten Donggala. Berikut ulasannya.
Saat ini, Bupati Kasman Lassa masih banyak diunggulkan pengamat dan beberapa elit parpol. Munculnya sejumlah nama diperkirakan belum ada yang sebanding dengannya. Itu masih dalam amatan. Benarkah? Namanya politik sangat sulit ditebak. Kecuali, Kasman benar-benar bernasib seperti yang terjadi di Kabupaten Banggai Kepulauan, yaitu inkamben tidak memperoleh parpol pengusung. 

Sebagai ketua parpol, yaitu Partai NasDem Donggala kemungkinan untuk tidak memperoleh pengusung sangat kecil. Walaupun, Kasman kini harus dapat menggenapi agar dapat maju lagi di Pilkada Donggala 2018 mendatang. Kini pun Kasman belum pula menentukan siapa bakal calon pendampingnya. Kemungkinan untuk bersama-sama Vera Laruni lagi, lagi-lagi juga bisa berkemungkinan.

Ada sejumlah nama yang kini sudah mendaftar di beberapa partai politik. Sebut saja; M Hidayat, Irham T. Maskura, Hasan Ladjinta, Abubakar Aljufrie, Kasmudin, Abdul Rahman, Tema, Anita Bugiswaty Noerdin, Vera E. Laruni, dan Burhanuddin Lamadjido. Belum lagi nama-nama lainnya yang tidak sempat tercover oleh Kaili Post, mengingat sejumlah nama yang mendaftar di parpol tak mudah diakses. 

Penantang baru yang cukup berat dipertimbangkan dapat menyaingi Kasman Lassa sebut saja ada nama M Hidayat dan Tema. Hidayat, pengusaha muda yang sukses membangun Mal Tatura Palu, sedang Tema Birokrat muda yang kini akan terjun ke politik. Ada pula nama Abdul Rahman, pengusaha yang kini namanya mulai berkibar di dunia swasta. Tetapi, nama lama yang tidak boleh diremehkan antara lain; Anita Bugiswaty Nordien. Mantan Kadis Kesehatan Donggala ini pun dulu pesaing kuat Kasman Lassa. Namanya sudah dikenal sejak lima tahun terakhir. 

Mungkinkah, Kasman akan memperoleh tantangan hard to hard di Pilkada 2018 nanti. Bila memungkinkan, maka bisa dipastikan, Pilkada 2018 di Sulteng yang bakal mendapat perhatian adalah Donggala. Tetapi bila calon sampai melebihi tiga pasang, maka bisa dipastikan Kasman Lassa bisa menjungkir balikkan pesaingnya dengan mudah. 

Karena masih 11 bulan lagi, maka namanya politik masih sangat sulit diraba. Masih cair dan masih akan bisa 360 derajat berubah. Kini yang penting diamati adalah komunikasi-komunikasi partai politik membangun koalisi untuk mengusung bakal calonnya. Kini semua masih berkemungkinan berubah atau berbentuk baru. **  

Share on Google Plus

About kailipost

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
loading...

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN