Pangdam: Parmout Diagendakan Kodim Sendiri

REPORTER/BIRO PARMOUT: ROY LASAKKA

Parmout,- KABUPATEN Parigi Moutong (Parmout) akan menjadi salah satu daerah yang diagendakan untuk pembentukan Komando Distrik Militer (Kodim). Demikian yang disampaikan Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XIII Merdeka, Mayor Jenderal Ganip Warsito kepada sejumlah wartawan saat bertandang ke Kabupaten Parmout, Kamis (10/8).

Ganip Warsito mengatakan, dengan adanya Komando Daerah Militer (Kodam) yang dipimpinnya itu, dirinya telah membuat postur untuk penambahan pilar kekuatan dan peningkatan kemampuan dari prajurit-prajurit TNI. Terkait hal itu kata dia, sehingga Kabupaten Parmout menjadi salah satu daerah yang diagendakan untuk pembentukan Kodim.

Hanya saja, untuk melaksanakan agenda pembentukan Kodim di Kabupaten Parmout tersebut harus melalui beberapa tahapan serta regulasi yang mengatur soal itu. "Yang pastinya, agendakan itu tidak mungkin ketika direncanakan akan langsung terlaksana karena harus melalui tahapan-tahapannya dan regulasi yang mengatur hal tersebut," katanya.

Menanggapi hal itu, Bupati Samsurizal Tombolotutu mengaku Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Parmout telah siap. Hanya saja, pihaknya akan melihat jumlah anggaran yang akan diperuntukan bagi pembentukan Kodim.

Sedangkan lahan yang akan diperuntukan bagi pembangunan Kodim tersebut kata dia, rencananya ada lahan yang akan diberikan, yakni di wilayah Kecamatan Parigi Utara tepatnya di Desa Toboli atau di bagian selatan Kabupaten Parmout.

Menurutnya, dari dua wilayah yang direncanakan itu, wilayah bagian selatan Kabupaten Parmout dianggap lebih layak karena di Kecamatan Parigi Utara sudah terdapat Mapolres. "Jika markas Kodim akan dibangun di wilayah bagian selatan Kabupaten Parmout, pasti akan ada keseimbangan karena di Kecamatan Parigi Utara sudah ada Mapolres," tandasnya. ** 

Share on Google Plus

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
loading...
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN