Pangdam XIII Merdeka Kunjungi Parmout

Pastikan Kegiatan Operasi Tinombala
REPORTER/ BIRO PARMOUT: ROY LASAKKA

Parmout,- PANGLIMA Komando Daerah Militer (Pangdam) XIII Merdeka, Mayor Jenderal TNI Ganip Warsito mengunjungi Kabupaten Parigi Moutong (Parmout), Kamis (10/8). Kedatangan Ganip Warsito di Kabupaten Parmout tersebut untuk memastikan pelaksanaan kegiatan Operasi Tinombala. Saat tiba di Kabupaten Parmout, Ganip Warsito langsung menuju Kantor Koramil Parigi dan disambut langsung Bupati Samsurizal Tombolotutu.

Kepada sejumlah wartawan, Ganip Warsito mengatakan, kegiatan Operasi Tinombala sudah benar dilakukan. Pasalnya, dalam pelaksanaan Operasi Tinombala tersebut dirinya mengaku tidak menginginkan adanya kesalahan atau menyalahi aturan dalam pelaksanaannya.

Bahkan, dalam kunjungannya tersebut, masing-masing komandan Satgas Tinombala juga telah memaparkannya. "Dari pemaparan masing-masing komandan Satgas Tinombala, saya melihat tidak ada yang menyalahi aturan atau menimbulkan persoalan-persoalan yang dikhawatirkan," ujar Ganip Warsito sesaat sebelum bertolak ke Kabupaten Poso.

Ia menambahkan, sejauh ini perkembangan yang diterimanya, bahwa Satgas Tinombala telah mendeteksi pengerakan kelompok bersenjata. Ditanya soal penambahan personil dari TNI untuk Satgas Tinombala, Ganip Warsito mengaku tidak melakukan penambahan. Bahkan, pihaknya telah mengevaluasi untuk melakukan pengurangan jumlah pasukan di lapangan.

Menurutnya, alangkah baiknya melaksanakan operasi yang lebih menyentuh pada kebutuhan masyarakat seperti, yang telah dilaksanakan sejak tiga bulan lalu di Kabupaten Poso, yakni Operasi Teletorial Sintuvu Maroso. Ia menilai, Operasi Teletorial Sintuvu Maroso berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan pihaknya sangat bermanfaat bagi masyarakat, baik secara non fisik maupun fisik.

"Rencananya Operasi Teletorial Sintuvu Maroso di Kabupaten Poso tersebut akan ditutup besok (Hari ini, red)," tandasnya. Sementara itu, Bupati Samsurizal Tombolotutu mengaku sangat mendukung pelaksanaan Operasi Tinombala yang dilaksanakan di Kabupaten Parmout.

Sebagai seorang pimpinan kata dia, berdasarkan undang-undang (UU) 1945 menjelaskan bahwa tanggungjawab suatu wilayah adalah bupati. "Kunjungan dari Panglima dan Kapolda adalah bagian dari keamanan wilayah yang harus didukung," terangnya.**



Share on Google Plus

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN