Pemohon di Disdukcapil Parmout Membludak

REPORTER/BIRO PARMOUT: ROY LASAKKA

Parmout,- PEMOHON Dokumen kependudukan dan pencatatan sipil seperti E-KTP serta Kartu Keluarga (KK) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Parigi Moutong (Parmout) membludak. Hal itu diakibatkan telah dibukanya pendaftaran TNI dan Polri serta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Tidak hanya, dibukanya pendaftaran siswa baru, juga mengakibatkan membludaknya pemohon dokumen kependudukan dan pencatatan sipil. Sehingga, pelayanan yang dilakukan Disdukcapil Kabupaten Parmout dalam sehari tidak mampu menyelesaikan banyaknya pemohon. Demikian yang diungkapkan Kepala Disdukcapil Kabupaten Parmout, Ir. Lewis kepada Kaili Post di ruang kerjanya, Selasa (15/8).

Lewis mengatakan, untuk memberikan pelayanan yang maksimal hingga kini belum dapat dilakukan pihaknya agar mengatasi banyaknya jumlah pemohon yang setiap harinya membludak agar dapat terlayani seluruhnya. Namun, Disdukcapil yang dipimpinnya itu belum dapat menemukan cara untuk mengatasi hal itu.

Padahal, pihaknya telah melakukan berbagai cara untuk memberikan pelayanan maksimal seperti memisahkan pemohon wanita dan pria. "Tapi tetap saja belum dapat mengakomodir jumlah pemohon yang membludak setiap harinya. Silakan dilihat pada sore hari, pasti ada pemohon yang tersisa karena tidak dapat memberikan pelayanan maksimal," ujarnya.

Ia menambahkan, untuk memaksimalkan pelayanan, meskipun belum terbilang baik, pihaknya mendekatkan pelayanan kepada masyarakat yang jauh dari ibu kota kabupaten seperti beberapa kecamatan di bagian Utara. Hanya saja, upaya mendekatkan pelayanan tersebut dilihat dari ketersediaan perangkat yang dioperasikan.

Selain itu, banyaknya tumpukan dokumen yang belum terselesaikan ditambah dengan membludaknya pemohon juga diakibatkan sempat terhentinya pelayanan beberapa waktu lalu selama sebulan. Hal itu kata dia, diakibatkan perangkat pelayanan kepengurusan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil mengalami gangguan virus. "Sehingga, dilakukan pembersihan penuh yang memakan waktu selama sebulan," tandasnya.

Share on Google Plus

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN