Galian di Towua Rusak Kabel Telkom

Saifullah :Telkom  Tak Pernah Izin 
REPORTER: FIRMANSYAH/ANDONO WIBISONO 


Palu,- GALIAN drainase di Jalan Towua Palu Selatan diduga kuat menyebabkan jaringan optic Telkom untuk jaringan internet indi-home dan telepon kabel rusak dan drop. Akibat hal itu, seluruh jaringan yang menggunakan Telkom di wilayah Palu Selatan tidak dapat digunakan. Hal itu dikuatkan keterangan staf Telkom – Indihome kepada Kaili Post kemarin.

‘’Benar. Tidak bisa digunakan hari ini (kemarin). 100 persen rusak, dan tidak ada jaminan besok akan baik. Rusaknya parah karena terkena galian kabel optik putus,’’ ujarnya. Ia mengaku yang putus adalah jaringan kabel utama sehingga mengganggu jaringan lainnya. Akibatnya, sejak pukul 10.00 Wita pagi kemarin seluruh jaringan Telkom di sekitar Palu Selatan drop alias lock out.

Sementara itu Kepala Dinas PU Bina Marga Saifullah Djafar mengakui bahwa jalan Towua adalah jalan propinsi dan tanggung jawabnya. Ia mengaku bahwa ada kabel Telkom yang terkena galian pembangunan drainase. Tapi ia dengan tegas mengatakan tidak merasa salah karena memang selama ini Telkom tidak meminta izin menggunakan jalan untuk menanam kabel. ‘’Itu bukan tanggung jawab saya. Itu juga Telkom tidak pernah izin sebelumnya menggunakan lahan di jalan itu,’’ ujar Saifullah.

Bahkan pihaknya memberikan waktu agar besok (hari ini) upaya penyambungan kabelnya sudah selesai. Karena pihaknya akan melakukan pengecoran untuk kegiatan pembangunan drainase. ‘’Kami beri waktu sampai hari ini (kemarin). Karena besok (hari ini) kami akan melakukan pengecoran,’’ tandas Kadis PU Bina Marga itu. 

Terlepas dari salah benarnya kasus itu, tapi dengan adanya putusnya jaringan Telkom banyak pihak yang dirugikan. Bahkan, sejumlah kegiatan ekonomi terganggu. Sejumlah transaksi bisnis pasti terganggu. ‘’Telkom ketahuan belangnya tidak pernah izin. Perusahaan itu sudah membodohi konsumen. Kedua, harusnya pihak PU juga memberikan peringatan dulu agar masyarakat tidak dirugikan,’’ ujar warga Basuki Rahmat Palu Selatan. ** 
  


Share on Google Plus

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN