Wabup Buka Pelatihan Midwifery Update

SUMBER: HUMAS PEMKAB PARMOUT

Parmout,- WAKIL Bupati Parigi Moutong H Badrun Nggai secara resmi membuka pelatihan Midwifery Update. Kegiatan diselenggarakan Pimpinan Cabang Ikatan Bidan Indonesia  Parigi Moutong tersebut Berlangsung  di Aula Pertemuan Hotel Tunas Harapan Sejati Rabu Pagi (2/8).

 Ketua Panitia Penyelenggara Kegiatan Ny. Ery Winingtias, SKM  melaporkan bahwa dasar pelaksanaan pelatihan yang baru pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Parigi Moutong tersebut sesuai surat keputusan PC Ikatan Bidan Indonesia Kabupaten Parigi Moutong Nomor 109/PC IBI Kab. Parigi Moutog tentang Pelaksanaan Kegiatan Pelatihan Midwifery Update di Kabupaten parigi Moutong  dan sesuai dengan undang-Undang Nomor 36 tahun 2014.


Pada surat itu ditegaskan sebagaimana tertuang dalam pasal 46 menyatakan bahwa setiap tenaga kesehatan yang praktik harus memiliki izin demikian juga bidan yang akan menjalankan profesinya . menurutnya izin praktik diberikan dalam bentuk surat izin praktik Bidan (SIPB) sebagai bukti tertulis yang diberikan oleh Pemerintah Kepada Bidan yang akan menjalankan praktik kebidanan setelah memenuhi persyaratan melalui sertifikat kompetensi atau sertifikat profesi.

Selain itu Ny Ery Winingtias, SKM juga mengatakan kegiatan pelatihan ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan bidan sehingga memenuhi persyaratan dalam pengurusan dan Perpanjangan STR, menurutnya kegiatan pelatihan tersebut berlangsung selama 2 hari tersebut mulai tanggal 2 sampai dengan tanggal 3 Agustus 2017 yang diikuti sebanyak 40 orang peserta yang merupakan bidan di seluruh puskesmas dan RSUD di Kabupaten Parigi Moutong dengan menghadirkan sejumlah narasumber dari PC.IBI Kabupaten Parigi Moutong, PD IBI Sulawesi Tengah dan Dokter Spesialis OBGYN dan Spesialis anak.


Sementara Itu dalam Sambutan Kepala Dinas Kesehatan dr. Refy.J Tilaar diantaranya mengatakan bahwa kegiatan pelatihan Midwifery Update yang dilaksanakan diKabupaten Parigi Moutong baru pertama kalinya tentunya membuat pemerintah melangkal lebih maju dari kota dan kabupaten lainnya di Sulawesi tengah karena di kota palu dan kabupaten lainnya belum ada melaksanakan kegiatan seperti ini menurutnya kegiatan pelatihan yang seperti dilaksanakan kali ini merupakan kumpulan dari kegiatan-kegiatan seperti Acuan Persalinan Normal kemudian PPGD,Gawat darurat dan reproduktif sehingga melalui pelatihan seperti ini diharapkan ada peningkatan kompetensi dari setiap profesi tenaga kesehatan dalam hal ini profesi bidan.

Selain itu Wakil Bupati Parigi Moutong H Badrun Nggai, SE mengatakan diantaranya bahwa Ikatan Bidan Indonesia merupakan organisasi profesi bidan di Indonesia dalam sebuah wadah para bidan dalam mencapai tujuan melalui kebijakan profesionalisme anggota guna menjamin masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas sebagai mana dalam masr ikatan bidan indonesia yang baru saja dinyanyikan. 


Menurutnya, atas nama Pemkab menyambut baik kegiatan tersebut sehingga diharapkan melalui kegiatan pelatihan menghasilkan nilai yang positif di tengah-tengah masyarakat, khususnya terkait dengan berkurangnya jumlah kematian ibu dan anak.

Selain itu Badrun Nggai juga mengatakan kepada kepala dinas kesehatan dan para bidan yang hadir pada pelatihan tersebut di bulan Agustus nanti tepatnya pada hari kemerdekaan Republik Indonesia sekiranya para bidan yang memiliki prestasi terkait dengan profesi yang dijalankannya selama mengabdi di daerah agar bisa diberikan penghargaan dari pemerintahan agar hal ini menjadi semangat bagi para bidan di Kabupaten Parigi Moutong.

Badrun Nggai  berharap kepada peserta pelatihan midwifery Update untuk bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan yang diikuti sehingga apa yang telah di dapatkan melalui kegiatan ini dapat diaplikasikan di tengah-tengah masyarakat di mana saudara ditempatkan. **

Share on Google Plus

About kailipost

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
loading...

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN