Bupati Konut pun ‘Turun Gunung’

PILKADA MOROWALI 2018
 Reportase/Biro Morowali : Bambang Sumantri

SULTENG,- PRAKTIS Sisa 100 hari lebih, tiga kabupaten di Sulteng yang akan memasuki tahapan pendaftaran bakal calon bupati/wakil bupati ke KPU masing-masing. Suhu politik di Kabupaten Donggala, Kabupaten Parigi Moutong dan Kabupaten Morowali tensi terus naik. Seluruh kemampuan dan kemauan terus dimaksimalkan. Bahkan oksigen politik terus disuplai untuk kepentingan para peminat kursi nomor satu di tiga daerah itu.

Di Morowali, kabupaten ‘surga dolar dan yuwan’ pun tak kalah menariknya. Untuk memenangkan kadindatnya, Bupati Konawe Utara Propinsi Sulawesi Tenggara, Ruksamin sesumbar akan turun gunung membantu duet Ambo Dalle  - Aminuddin Awaludin atau disingkat ADAM. Hal itu ditegaskan Ruksamin ketika berada di Kecamatan Witaponda (Kamis;28/09/2017) pekan lalu saat bersama Wakil Bupati Raup menghadiri Silaturahim dengan warga Suku Tolaki. 

Ruksamin juga merupakan ketua tim pemenangan Partai Bulan Bintang (PBB) wilayah Indonesia Timur. Dalam sambutannya, ia mengatakan bahwa selain untuk silaturrahmi, dirinya juga berkonsolidasi dengan pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Morowali, Ambo Dalle dan Aminuddin Awaludin (ADAM) pada Pilkada tahun 2018 mendatang.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Konawe Utara, Raup mengatakan, jika pasangan ADAM akan maju di Pilkada Morowali 2018, maka harus yakin dan mengawali dengan niat meskipun arus, gelombang dan tembok yang dihadapi akan sulit. "Jangan khawatir tidak dapat partai, yakin saja dulu, Insya Allah ada partai yang akan segera merekomendasikan, kalau Tuhan menghendaki kita akan kesana, Dia pasti akan mengantarkan kita kesana" ujarnya.

Ketua DPD PAN Konawe Utara itu juga mengatakan, selain Partai Bulan Bintang (PBB) dan Hanura yang telah memberikan rekomendasi, partai Gerindra yang masih menunggu proses dan PAN juga akan menyusul dalam waktu dekat. "Kalau ada yang bilang tidak dapat partai, jadikan itu panggung politik, tidak usah loyo-loyo ataupun kecil hati" tuturnya.

Sementara, Bupati Konawe Utara, Ruksamin menguatkan penyampaian Wakil Bupati Konut. Dikatakannya, pasangan ADAM telah mendapat rekomendasi dari DPP PBB dan dirinya bertekad untuk memenangkan pasangan ADAM di Pilkada 2018 mendatang. 

"Sebelum kami tetapkan untuk memberi dukungan kepada pasangan ADAM, kita sudah melakukan survei yang independen, setelah kurang lebih 5 bulan, pasangan ADAM belum turun ke masyarakat, dia sudah mendapatkan rating di atas 25 persen, inilah data yang kita lihat. Artinya, ada sesuatu yang diinginkan masyarakat untuk melakukan sebuah perubahan, dan dari pesan masyarakat inilah sehingga kami berkeyakinan kuat kepada pasangan ADAM, kami tidak punya kepentingan, hanya pesan masyarakat inilah yang kami tampung, kami tidak akan biarkan, saya dan keluarga akan turun langsung untuk memenangkan pasangan ADAM untuk melakukan perubahan di Morowali" ujarnya.

Ruksamin juga mengingatkan bahwa untuk menang dalam pertarungan Pilkada, uang bukan menjadi faktor utama. Ia mencontohkan kemenangannya bersama Raup pada Pilkada Konut, penuh dengan keterbatasan anggaran. Namun bantuan masyarakat yang luar biasa memenangkan mereka sehingga dapat menduduki jabatan Bupati dan Wakil Bupati Konawe Utara.

"Saya berpesan kepada Pak Ambo Dalle dan Aminuddin, ikhlaskan diri kalian, kalau mau maju bukan untuk menjadi pemimpin, tetapi amanah untuk memberikan pelayanan, untuk melakukan perubahan, khususnya di Kabupaten Morowali" tuturnya.

Ditambahknnya, kepada masyarakat dan tim sukses agar jangan pernah merasa ego, jangan pernah merasa bahwa paling kuat dan hebat serta tetap menjaga hubungan silaturahmi. "Jaga keamanan, jaga persahabatan, jaga kekeluargaan, nyatanya pergesekan keras itu hanya sampai Pilkada, selesai Pilkada, itu semua lebur. Tetapi kita sebagai pimpinan tidak melihat lagi siapa yang pilih dan siapa yang tidak memilih, tetap berikan pelayanan kepada seluruh masyarakat" tegasnya.

Sementara, bakal calon Wakil Bupati Morowali periode 2018-2023, Aminuddin Awaludin yang saat ini menjabat Ketua Komisi II DPRD Morowali dan Ketua DPC PBB Kabupaten Morowali ini mengapresiasi kehadiran Bupati dan Wakil Bupati Konawe Utara. Hubungan emosional suku antara Tolaki dengan warga Bungku yang mendiami Kabupaten Morowali sangatlah erat. "Sebuah negara yang makmur dan maju, apabila pemerintahnya itu selalu menghargai adat istiadat, selalu menjunjung tinggi yang namanya kesukuan" katanya.

Ia pun menegaskan kepada seluruh masyarakat yang hadir bahwa dirinya tidak akan pernah mati muda dalam politik. Jika masyarakat mempercayakan dirinya untuk tampil sebagai keterwakilan putra daerah Kabupaten Morowali, maka ia tidak akan mengecewakan masyarakatnya.

Adanya keinginan untuk maju pada pertarungan Pilkada kata Aminuddin adalah dorongan dari isu partai, kemudian dari masyarakat bagian Barat Morowali sehingga membuatnya bersemangat untuk maju. Ia menilai pasangan yang paling ideal yaitu berpasangan dengan Ambo Dalle. "Selain Ambo Dalle, saya tidak punya keinginan untuk maju, disamping keinginan pribadi, tim-tim saya juga mendorong untuk berpasangan dengan Ambo Dalle. Pasangan ini saya anggap sebagai pertemuan antara dua kutub, yaitu kutub barat dan kutub timur yang dikawinkan untuk menjadi satu kekuatan, inilah pasangan ADAM," tandasnya. ** 

Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN