Warga Uranosari Gelar Ritual Adat Pamona

Reporter/Poso : Darwis Waru 

KAILIPOST.COM,- POSO- RATUSAN Masyarakat Desa Uranosari, Kecamatan Pamona barat, menyambut dengan antusias kehadiran Bupati Poso, Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu (03/02/2018). Penyambutan warga lintas suku tersebut membuat suasana kebersamaan warga dan pemerintah larut dalam nuansa kebersamaan. Kabag Humas Pemkab Poso, Drs Armold Songko mengatakan, kunjungan Bupati dimaksudkan untuk melihat secara langsung perkembangan pembangunan, sekaligus menghadiri upacara ritual Adat Pamona. 

yang dilaksanakan dengan harapan menyatukan semua kultur budaya yang ada seraya memohon pengampunan dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

Dalam acara ritual yang sakral itu, ditandai dengan pelepasan satu ekor ayam putih oleh Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu, dilanjutkan dengan acara morambulangi yakni dengan meletakan logam, kapur sirih dan pinang serta kepala dan hati hewan korban ke atas miniatur perahu, lalu dihanyutkan ke sungai oleh Camat Pamona Barat, Marthen Djala, penguburan pakaian bekas laki-laki  dan perempuan oleh tokoh adat serta pembacaan doa oleh ketua Dewan adat Uranosari disaksikan ratusan warga dari berbagai kalangan. 

BACA SELENGKAPNYA DI HARIAN KAILI POST...!
Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
loading...
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN