Melihat Lebih Dekat Desa Tertua di Kota Parigi


Disebut Gudang Sejarah, Banyak Miliki Peninggalan Masa Kerajaan

Makam Ranggadunia yang digelar dengan To Ri'agama atau orang pertama, yang memeluk Agama Islam di Parigi. (foto : dokumentasi gimba parigi)
Reportase : Roy L. Mardani (Parigi Moutong)
PARIGIMPU'U Atau dalam bahasa Suku Kaili Tara yang artinya parigi sebenarnya merupakan desa tertua di Kota Parigi. Dari pusat Kota Parigi, Desa Parigimpu'u yang berada di wilayah Kecamatan Parigi Barat Kabupaten Parigi Moutong (Parmout) hanya berjarak sekitar lima kilometer. Selain disebut desa tertua, Parigimpu'u juga disebut-sebut gudang sejarah karena memiliki peninggalan masa di masa kerajaan. Selain itu, Parigimpu'u juga dikenal sebagai desa penghasil buah durian yang miliki ciri khas tersendiri.
KAILIPOST.COM,- PARMOUT- Dengan hanya menempuh waktu selama 15 menit dari Ibu Kota Parigi, siapa saja yang akan berkunjung ke Desa Parigimpu'u sudah dapat melihat secara langsung salah satu situs sejarah, yakni benteng Kerajaan Parigi yang berada dekat dengan gerbang desa tersebut.

Tak jauh dari lokasi benteng Kerajaan Parigi yang terletak tepat dibagian depan SD Negeri Parigimpu'u berjarak kurang lebih 300 meter, pengunjung dapat melihat secara langsung Rumah Raja Parigi yang disebut Kataba. Tidak hanya itu, di lokasi Kataba tersebut juga terdapat empat makam raja, diantaranya Ali atau Sawali, Djengi, Hanusu dan Tagunu.

BACA SELENGKAPNYA DI HARIAN KAILI POST...!
Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN