Penderita TBC Capai 690 Orang

FOTO : ILUSTRASI
Reporter/Parmout : Roy L. Mardani

KAILIPOST.COM,- PARMOUT- PENDERITA Penyakit TBC di Kabupaten Parigi Moutong (Parmout) tercatat mencapai 690 orang, terhitung sejak 2017 hingga 2018. Hal itu dikemukakan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Parmout, Revi Tilaar kepada Kaili Post di ruang kerjanya. Ia mengatakan, dari jumlah penderita penyakit TBC yang paling tertinggi, yakni di Kecamatan Ampibabo, Parigi dan Sausu.

Penyakit tersebut kata dia, berawal dari udara melalui partikel-partikel kecil yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Biasanya, awal mula penyakit TBC itu terjadi di tempat-tempat keramaian seperti pasar bahkan rumah sakit sekalipun. Cara mengantisipasinya, yaitu dengan cara menggunakan masker ketika berkunjung di tempat-tempat seperti itu. Sedangkan pengobatan penyakit TBC itu, biasanya dilakukan selama enam bulan secara intensif. Namun, jika selama enam bulan itu proses pengobatannya belum membuahkan hasil, maka jangka waktu pengobatan ditambah tiga bulan.

"Di pasar itu banyak debunya. Debu yang tertiup angin dapat terhirup yang akhirnya berpotensi menimbulkan gejala penyakit TBC. 

BACA SELENGKAPNYA DI HARIAN KAILI POST...!
Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN