Ribuan Umat Hindu Gelar Melasti

  • Whatsapp
banner 728x90
Reporter/Parmout : Fharadiba
KAILIPOST.COM,- PARMOUT- RIBUAN Umat Hindu yang berasal dari 18 pura agung yang tersebar dari Kecamatan Torue, Balinggi dan Sausu, mendatangi Pantai Segara Indah, Desa Torue, Kecamatan Torue, Kabupaten Parmout, menggelar ritual penyucian, atau melasti yang dipimpin langsung oleh pandita Ida Pedanda Nyoman Cawu, yang berasal dari Griya Purwosari, Kamis (15/03/2018) kemarin. Ketua panitia kegiatan, I Nyoman Sudana, mengatakan kalau ritual penyucian tersebut, merupakan rangkaian kegiatan keagamaan dalam menyambut datangnya Hari Raya Nyepi, Tahun Baru Saka 1940, yang nantinya dilakukan Tapa Brata Penyepian, dengan tidak melakukan lima larangan, yang sudah ditetapkan dalam kitab suci Weda.
Mulai pukul 06.00 Wita, ribuan iring-iringan umat Hindu, baik yang mengendarai roda dua, roda empat dan mobil truk yang memuat Jempana atau usungan yang dibawa dari pura masing-masing, yang nantinya akan disucikan dalam ritual melasti, yang kemudian berakhir pukul 09.00 Wita.
“Ritual Melasti dilengkapi dengan bermacam-macam sesajen baik sesajen khas Jawa maupun Bali. Sesajen tersebut sebagai simbolisasi Tri Murti, atau tiga Dewa dalam Agama Hindu, yaitu Wisnu, Siwa, dan Brahma. 

BACA SELENGKAPNYA DI HARIAN KAILI POST…!

Berita terkait