Termiskin di Sulteng dengan Sejuta Potensi

PARIGI MOUTONG

OLEH : andono wibisono (jurnalis liputan politik)

KAILIPOST.COM,- PARIGI MOUTONG. Sesuai UU Nomor 10/2002, tanggal 10 April 2002, anak Kabupaten Donggala ini lahir. Luas wilayah otonomnya 6.231,85 kilometer persegi. Jumlah penduduknya kala itu sebanyak 372.204 jiwa tersebar di 14 kecamatan. 

Potensinya, saya kagum sebagai jurnalis. Beberapa kali berkunjung dan melintas wilayah ‘gemah ripa’ yang belum ‘loh jinawi’ serta belum ‘’toto tentrem’ itu. Garis pantai Teluk Tomini 472 KM. Luar biasa. Teluk Tomini merupakan teluk yang sangat luas dan perairan yang spesifik. Memiliki potensi sumber daya tentunya perikanan, rumput laut dan budidaya hasil laut harusnya dapat menyejahterahkan rakyat pesisir pantai Teluk Tomini. Itu logika sederhana. 

Potensi ikan mencapai 68 ribu ton pertahun. Terdiri dari Ikan Palagis 3,2 ton perkilometer persegi pertahun dan ikan Demersal 2,9 ton persegi pertahun. Potensi terletak di daerah penangkapan yang bisa dijangkau nelayan tradisional sejauh 28.208 kilometer persegi, dengan produksi perikanan tangkap 21.072,2 ton 

BACA SELENGKAPNYA DI HARIAN KAILI POST...!

Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN