Bentuknya Sederhana, Menggambarkan Tekhnologi Masa Lampau

Mangkuk Peninggalan Kerajaan Parigi

KETERANGAN FOTO : Tampak salah satu mangkuk piring kecil peninggalan sejarah Kerajaan Parigi yang pada bagian tengahnya tergambar lingkaran, yang memiliki filosofi tentang alam semesta dan menggambarkan tekhnologi di masa lampau. (FOTO : Roy L. Mardani)
Reporter/Parmout : Roy L Mardani
DESA PARIGIMPU'U Yang masuk dalam wilayah Kecamatan Parigi Barat Kabupaten Parigi Moutong (Parmout) ternyata memiliki segudang peninggalan atau situs sejarah Kerajaan Parigi, yang tak banyak diketahui orang. Bahkan, Pemerintah Daerah (Pemda) melalui instansi terkaitnya sekalipun seakan luput dari banyaknya peningalan situs sejarah Kerajaan Parigi.
KAILIPOST.COM,- PARMOUT- DARI Sekian banyak peninggalan situs sejarah di Desa Parigimpu'u, ada yang terlihat menarik. Berikut sekilas filosofi sebuah mangkuk peninggalan Kerajaan Parigi mempunyai makna dan gambaran akan tekhnologi di masa lampau. Desa Parigimpu'u yang artinya adalah Parigi Sebenarnya dahulu merupakan ibu kota Kerajaan Parigi yang disebut Larangapa dalam bahasa Kaili Tara.

Wilayah kekuasaan Kerajaan Parigi pun, dahulu kala mulai dari Desa Posona yang masuk dalam wilayah administrasi Kecamatan Kasimbar hingga Dusun Polande yang saat ini dikenal sebagai Desa Tumora Kecamatan Poso Pesisir Kabupaten Poso. Hal itu, menandakan bahwa situs peninggalan sejarah Kerajaan Parigi tidak hanya banyak terdapat di Desa Parigimpu'u saja. Melainkan, juga terdapat dibeberapa desa di kecamatan lainnya seperti situs sejarah Lesung Batu yang ada di Desa Balinggi.

BACA SELENGKAPNYA DI HARIAN KAILI POST...!

Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN