Seminar Pimpinan Gereja


Peka dan Bijak Sikapi Perkembangan Masyarakat
Reporter: Ikhsan Madjido

Kaili Post, Palu- SELURUH Pimpinan gereja dan tokoh agama diharapkan memiliki kepekaan dan kebijaksanaan dalam menyikapi berbagai perkembangan politik dan dinamika yang terjadi di masyarakat, dengan terus membangun harmonisasi, baik secara internal maupun eksternal, dalam menjembatani berbagai kepentingan umat Kristiani dan masyarakat.

Demikian harapan Gubernur Sulawesi Tengah dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Bagian (Kabag) Agama, M Jen Ismail mewakili Kepala Biro (Karo) Administrasi dan Kesejahteraan Sosial Kemasyarakatan (Kesosmas) Setda Provinsi Sulawesi Tengah, pada pembukaan Seminar Pimpinan Gereja Rayon I, di Hotel Danau Poso Resort, Tentena, Jum’at (20/4/2018).

“Dengan pertemuan ini, mudah-mudahan akan dapat mencapai hasil yang maksimal untuk mewujudkan pelayanan kerohanian yang komprehensif, yang bisa menciptakan persaudaraan antar umat beragama, yang dilandasi niat ikhlas dan komitmen kuat antar tokoh agama dan tokoh masyarakat,” ujarnya.

Dihadapan peserta seminar pimpinan gereja rayon I yang berasal dari Kabupaten Poso, Tojo Una-Una, Morowali dan Morowali Utara tersebut, M Jen Ismail menekankan perlunya peningkatan bidang keagamaan, karena beragamnya suku, adat dan agama di Sulteng. “Sehingga jika kita kurang menyadari, maka akan mempengaruhi dan berdampak kurang baik terhadap solidaritas dan kerukunan antar umat beragama,” katanya.

Olehnya itu, diharapkan peserta seminar senantiasa mengedepankan persaudaraan di atas semua perbedaan. “Sebab kita semua adalah satu kesatuan dalam upaya membangun Sulawesi Tengah yang lebih maju, mandiri dan berdaya saing,” tandasnya.

Di tempat yang sama, sebelumnya Ketua Panitia, Djasman Huraera melaporkan bahwa hasil yang diharapkan dari seminar adalah para pemimpin gereja dapat meningkatkan wawasan tentang kerukunan baik intern umat Kristiani maupun dengan umat beragama lain serta membangun kebersamaan dan kemitraan antar umat beragama. “Diharapkan juga pimpinan gereja dapat berkontribusi positif kepada gereja-gereja yang ada di wilayah masing-masing, dalam mewujudkan nilai-nilai agama sebagai upaya pemantapan trilogi kerukunan beragama, demi tercapainya persatuan dan kesatuan bangsa,” ujarnya.

Seminar dengan tema “Melalui Seminar Pimpinan Gereja Kita Jalin Kemitraan Gereja bersama Pemerintah untuk Membangun kehidupan Beragama di Provinsi Sulawesi Tengah”, menghadirkan narasumber antara lain Karo Adm Kesosmas Setda Provinsi, Kakanwil Kementerian Agama, dan Pdt Hendra Buyung.

Hadir dalam seminar selain pimpinan gereja yang berjumlah 80 orang, juga nampak Bupati Poso, Majelis Sinode GKST, pengurus Bamag, Kabid Bimas Kristen dan Kandepag Kabupaten Poso.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
loading...
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN