Warga Vugaga Syukuri Panen Durian dengan Vunja

  • Whatsapp
banner 728x90

Citizen Journalism : Rully

KAILIPOST.COM,- SIGI- SEJUMLAH tetua adat mendendangkan dade n’date (nyanyian rakyat) saat upacara Vunja (syukuran panen besar) di Desa Vugaga, Marawola Barat, Sigi, Senin (23/4)/2018) malam. Upacara yang melambangkan syukuran atas panen durian itu diikuti oleh lima rumpun etnis Da’a suku Kaili, yakni Vugaga, Soi, Poruntu, Vavujai, dan Dombu.
Usai upacara Vunja sejumlah tetua adat dipimpin Ketua Rumpun Da’a Sulawesi Tengah, Andi Lasipi melaksanakan pertemuan adat di Bantaya Vugaga. “Kita bersyukur dapat melaksanakan Vunja ini dengan sukses. Tentunya ke depannya, akan dilaksanakan lagi kegiatan semcam ini dengan perencanaan yang lebih matang,” kata Andi Lasipi.
Ketua Adat Vugaga, Ida mengaku Vunja kali ini dilaksanakan dengan spontan dan sepenuhnya murni swadaya atau partisipasi masyarakat. “Warga cukup antusias mengikuti upacara Vunja ini. Panen durian di wilayah kami cukup banyak tahun ini. Tentunya patut untuk disyukuri dengan melaksanakan pesta adat, yaitu Vunja,” jelasnya. Selepas no Vunja, warga selanjutnya melakukan tarian Raego dan ditutup dengan acara Dero sampai pukul tujuh pagi.**

Berita terkait