Yuk! Intip Proktor, Pemeran Utama UNBK 2018

  • Whatsapp
banner 728x90
Reportase: Ikhsan Madjido

KAILIPOST.COM,- SIGI- DENGAN motor matic keluaran terbaru, pelan tapi pasti, dia mulai menyusuri Jalan Anoa I Palu, menuju ke tempat tugasnya di Madrasah Aliyah (MA) Alkhairat Biromaru Desa Mpanau Kabupaten Sigi. Angin pagi yang menusuk tulang, tidak menghalangi laju motornya. Waktu masih menunjukkan pukul 06.30 Wita, Marsudi yang masih pengantin baru itu sudah harus di sekolah. Pasalnya, setengah jam sebelum ujian dimulai, seluruh perangkat yang digunakan untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sudah harus siap digunakan. 
Marsudi, guru honor MA Alkhairaat Biromaru adalah salah satu proktor UNBK SMA/MA Sulawesi Tengah. Proktor adalah orang yang bertanggungjawab mengendalikan server untuk sebuah sekolah pada pelaksanaan UNBK online. “Proktor berwenang meminta token dari pusat, untuk bisa membuka soal yang ada di masing-masing sekolah. Tugas proktor selanjutnya menjaga server dan jaringan client di ruang ujian, supaya tetap terhubung,” jelas Marsudi yang juga guru PKn.
Proktor juga memperbaiki masalah-masalah teknis jaringan, seperti soal yang tidak muncul, tidak bisa log in dan lainnya. 

BACA SELENGKAPNYA DI HARIAN KAILI POST…!

Berita terkait