169 Mahasiswa Akper Donggala ‘Masuk’ Untad

  • Whatsapp
banner 728x90

Reporter: Yohanes Clemens

 

SETELAH Menunggu waktu yang begitu lama, akhirnya Kemenristekdikti menyetujui pembukaan program Diploma III di Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako (Untad). Dengan demikian, Akademik Keperawatan (Akper) Donggala kini resmi di dalam ‘pelukan’ atau masuk Untad.

Bergabungnya Akper Donggala ke Untad, disahkan melalui SK Kemenristekdikti yang diserahkan oleh Kepala Biro Hukum dan Organisasi Kemenristekdikti Ani Nurdiani Azizah SH M.Si kepada Rektor Untad Prof Dr Ir Muhammad Basir Cyo SE MS di Lantai II Gedung Media Center Untad.

Dalam kesempatan itu, rektor sependapat pembukaan program Diploma III di Fakultas Kedokteran patut disyukuri. Karena hal itu menjadi jawaban sekaligus kepastian untuk bergabungnya Akper Donggala ke kampus Universitas Tadulako. “Alhamdulillah, keluarnya SK ini merupakan jawaban atas penantian panjang direktur dan adik-adik mahasiswa Akper Donggala,” kata Prof Basir.

Sehingga perlu diketahui, dialihkannya Akper Donggala ke Untad telah melewati proses panjang yang dimulai sejak Maret 2017 lalu. Proses saat itu diawali dengan penandatanganan nota kesepahaman atau MoU antara Pemkab Donggala dengan Rektor Untad di Jakarta. Lamanya penantian tersebut karena melibatkan antar kementerian, yaitu Kementerian Pembagunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Dalam Negeri dan Kemenristekdikti sendiri.

“Pasca melalui proses panjang itu memang pada akhirnya keputusan harus dengan SK Kemenristekdikti melalui Biro Hukum dan Organisasi,” jelasnya. Akademik Keperawatan Donggala saat ini, memiliki mahasiswa kurang dari 200 orang yang terhitung sejak serah terima SK menjadi bagian dari keluarga besar civitas Untad. Ratusan mahasiswa tersebut telah berhak menggunakan almamater biru kebanggaan Untad dengan ditandai pengenaan jas almamater Untad kepada nahasiswa yang terpilih. Pegenaan itu dilakukan oleh rektor dan kepala biro.

“Saya menyampaikan ucapkan terima kasih kepada Menristekdikti yang telah memberi persetujuan pembukaan program Diploma III Fakultas Kedokteran Untad, sekaligus mengeluarkan SK penetapan bergabungnya Akper Donggala ke Untad,” harapnya.

 

Baca Selengkapnya di Harian Kaili Post !!!

Berita terkait