2019; Luwuk Jadi Barometer Inflasi Di Sulteng

Reporter : Firmansyah

KAILIPOST.COM,- KOTA PALU- KEPALA Badan Pusat Statistik ( BPS) Sulteng Faisal Anwar menegaskan tahun 2019 mendatang, Kota Luwuk akan menjadi partner Kota Palu sebagai lokasi survei untuk mengetahui laju tumbuh kembangnya inflasi di Sulteng. ‘’Selama ini Palu menjadi tolak ukur dalam menentukan perkembangan inflasi di Sulteng. Untuk tahun 2019 mendatang, Luwuk sudah menjadi daerah partner," ungkap Faisal Rabu (2/04/2018). Mengapa bukan Kabupaten Morowali? Yang notabene tingkat pertumbuhan ekonominya pesat di banding daerah lain, dijadikan barometer pertumbuhan inflasi. 

Menurut Faisal, menentukan layak tidaknya sebuah daerah dijadikan poros untuk mengeavaluasi inflasi maupun deflasi, harus memenuhi beberapa syarat tertentu. 

Misalnya, tersedianya sarana dan prasarana pendidikan. Mulai dari tingkat bawah hingga Universitas. Tersedianya lembaga keuangan, seperti Bank pemerintah maupun swasta. Harus memiliki pasar modern maupun tradisional. ‘’Jadi barometer dalam menjadikan sebuah daerah untuk posos survei terkait inflasi maupun deflasi, bukan hanya karena pertumbuhan ekonomi saja. Namun tersedianya beberapa sarana dan prasarana tersebut juga harus ada," jawabnya.

BACA SELENGKAPNYA DI HARIAN KAILI POST...!
Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
loading...
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN