Disdikbud Parmout Gelar Kegiatan Mogombo

Reporter : Roy L. Mardani
FOTO : Tampak Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya, Nadjamudin Ramly didampingi Pjs Bupati Parmout, Mohamad Nadir bersama Raja Parigi dalam Kegiatan Mogombo.foto/ist
DINAS Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Parigi Moutong (Parmout) menggelar Musyawarah Budaya (Mogombo), Selasa (15/5/2018). Dalam kegiatan yang dilaksanakan di ruang rapat lantai II Kantor Bupati Parmout tersebut dihadiri oleh Direktorat Warisan Budaya Kemendikbud, Nadjamudin Ramli.

Dalam kesempatan itu, Nadjamudin Ramli membuka secara langsung, didampingi Mohammad Nadir selaku Pjs Bupati Parmout. Nadjamudin Ramly dalam sambutannya mengaku sangat memberikan dukungannya kepada Disdikbud Parmout dalam melaksanakan kegiatan Mogombo.

Ia mengatakan, Mogombo tersebut merupakan tradisi Indonesia yang turut menjadi poin dalam Pancasila, yakni sila ke empat. Dalam sila ke empat tersebut kata dia, Mogombo dinilai sudah sesuai karena intinya adalah sebuah musyawarah. ‘’Kita harus kembalikan refitalisasi Kerajaan Parigi, Moutong dan sekitarnya. Apalagi, yang hadir dalam kegiatan tersebut Magau atau seorang Raja dari Kerajaan Parigi dan Moutong. Sesuai perintah Undang-Undang (UU) Nomor 5 tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan bahwa fungsi dari UU tersebut memberikan perlindungan terhadap seluruh cagar budaya dan objek budaya di Indonesia,’’ jelasnya.


Menurutnya, salah satu budaya di Indonesia adalah kerajaan yang sudah tidak berperan sebagai pengatur tata negara, tetapi berperan sebagai inti dari kebudayaan itu sendiri.

Baca Selengkapnya di Harian Kaili Post !!! 
Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN