KPU Donggala Dijatuhi Sanksi Peringatan



ReporterIkhsan Madjido
DEWAN Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menjatuhkan sanksi peringatan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Donggala, karena telah melanggar kode etik dalam melaksanakan pengumuman dokumen syarat pasangan calon di laman kpu untuk
memperoleh tanggapan dan masukan masyarakat, yang diadukan Moh Rizal.

Hal tersebut tertuang dalam putusan DKPP nomor 60/DKPP-PKE-VII/2018 yang dikeluarkan Kamis (19/4/2018) dan dibacakan pada sidang kode etik terbuka (24/5/2018) Kamis pekan lalu. Putusan itu merupakan tindak lanjut pengaduan dari Moh Rizal dengan nomor 54/I-P/L-DKPP/2018.

DKPP juga memutuskan untuk mengabulkan pengaduan untuk sebagian. Kemudian, memerintahkan KPU Provinsi Sulawesi Tengah untuk melaksanakan putusan ini paling lama tujuh hari sejak dibacakan. Selain itu juga memerintahkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI untuk mengawasi pelaksanaan putusan tersebut.

Dalam putusannya DKPP mempertimbangkan bahwa para teradu tidak profesional dalam mengumumkan masukan dan tanggapan masyarakat untuk bakal pasangan calon (bapaslon) pada website KPU Donggala. ‘’Terdapat ketidak sesuaian antara postingan pada 10 Januari 2018 dengan postingan pada tampilan berkas bapaslon yang tersimpan atau dimuat dalam google drive tanggal 18 Januari 2018,” kata anggota DKPP, Ida Budhiati yang membacakan putusan yang siarkan secara teleconference, Kamis (24/5/2018) sore.

Baca Selengkapnya di Harian Kaili Post !!!
Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN