Pemkab Banggai Peringati Harkitnas

Reporter/banggai : Pariaman/Imam 

SEPERTI daerah lain, kemarin Pemerintah Kabupaten Banggai memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke 110 tahun di alun-alun Bumi Mutiara Jalan RA Kartini Luwuk.

Upacara dipimpin Wakil Bupati Mustar Labolo. Hadir pada upacara Harkitnas sejumlah Muspida yaitu Kapolres, AKBP Moch Soleh dan jajarannya,Dandim dan jajaran TNI, seluruh kepala OPD serta para stafnya, tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Wabup membacakan amanat Menko Minfo RI, Rudiantara. Antara lain amanat yaitu demi meraih kemerdekaan, rakyat membentuk berbagai perkumpulan lebih seabad yang lalu, kita mempertaruhkan nyawa. Namun sejarah membuktikan bahwa semangat dan komitmen itu saja cukup, asalkan kita bersatu dalam cita-cita yang sama.

Boedi Oetomo memberi contoh bagaimana dengan berkunpul dan berorganisasi tanpa melihat asal - muasal primordial akhirnya bisa mendorong tumbuhnya semangat nasionalisme yang menjadi bahan bakar utama kemerdekaan.

Presiden pertama dan proklamator kemerdekaan RI Soekarno pada peringatan kebangkitan nasional tahun 1952 mengatakan "Pada hari itu kita mulai memasuki satu cara baru untuk melaksanakan satu'idee'satu naluri pokok dari pada bangsa Indonesia. 110 tahun kemudian bangsa ini telah tumbuh menjadi bangsa yang besar dan maju, sejajar dengan bangsa-bangsa lain, meski belum sepenuhnya sempurna, rakyatnya telah menikmati hasil perjuangan para pahkawan berupa meningkatkan perekonomian, kesehatan, pendidikan dan sebagainya.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN