Pentingnya Reorientasi Kurikulum

Reporter: Yohanes Clemens

BAGI SALAH Satu bakal calon (Balon) rektor Universitas Tadulako (Untad) priode 2019 – 2023, Dr Muh Nur Ali menegaskan pentingnya kembali melakukan reorientasi seluruh bidang pendidikan. Termasuk perguruan tinggi untuk melakukan reorientasi kurikulum.

Hal itu dikatakan Muh Nur Ali pada Kaili Post belum lama ini, menanggapi wacana revolusi industri 4.0 yang saat ini tengah mengemuka dan tuntutan literasi yang bukan lagi sekedar kemampuan membaca, menulis dan berhitung, melainkan telah diarahkan pula pada literasi digital, menuntut kesiapan semua bidang pendidikan.

‘’Saat ini kita sedang diarahkan pada literasi digital yang menuntut kesiapan semua bidang pendidikan, maka saya rasa penting dilakukan reorientasi kurikulum. Jika tidak, ini menjadi persoalan tersendiri,” kata Nur Ali.

Dengan demikian, tamba Nur Ali, sejak waktu megatrend 2000,taraf peralihan peradaban manusia setiap ratusan tahun tentunya saai ini telah masuk pada era digital, setelah sebelumnya mekanisasi, produksi massal dan komputer. Era digital ini sudah menuntut setiap orang untuk berlaku internet minded.

‘’Saya katakan bahwa universitas sangat berperan penting dalam melakukan penyesuaian dengan mempersiapkan para alumninya untuk masuk ke era digital tersebut. Tuntutan-tuntutan revolusi industri 4.0 sangat membutuhkan persiapan intelegensi, persiapan kapasitas dan kapabilitas setiap orang,” ujar Balon Rektor yang saat ini menjabat sebagai Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip)

Olehnya, saat ini yang paling mendesak adalah relevansi kurikulum sangat penting dilakukan penataan, sehingga selain bisa memastikan masa studi, kontennya juga lebih bisa diandalkan, untuk bersesuai dengan era revolusi industri 4.0 yang tuntutannya luar biasa. Mahasiswa dan alumni kita, diharapkan dapat menjadi orang yang merespon perkembangan tersebut.

Sehingga,terkait persaingannya dengan tiga balon Rektor Untad lainnya yang notabene semuanya bergelar Profesor, Nur Ali mengaku sangat siap. Menurutnya, para calon Rektor Untad lainnya masing-masing memiliki kapasitas yang sangat baik dan mumpuni. “Saya pikir mereka bagus-bagus dan hebat semua. Insyaallah saya siap,” tandas Nur Ali, alumnus S1 Sosiologi Untad, alumni S3 Psikologi Universitas Negeri Malang.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN