PILEG & PILPRES 2019, Pemilih Tanpa KTP Dan KK Masuk Daftar Khusus

Reporter: Firmansyah

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palu, melalui Komisioners Agus Wahid menegaskan soal pemilih yang tidak memiliki kartu tanda penduduk (KTP) maupun kartu keluarga (KK) di Pileg dan Pilpres 2019 nanti akan terdaftar dispam khusus. Daftar khusus itu akan didata petugas pantarlih dengan mendata di setiap kelurahan di Kota Palu.

Rabu (30/5/2018), masih keterangan Agus, dari hasil rekapitulasi pemutakhiran data petugas pantarlih tersebut, akan direkomondasikan kepada Dinas Catatan Sipil untuk ditindaklanjuti. KPU akan meminilisir angka warga masyarakat yang tidak dapat mengikuti perhelatan akbar di

Olehnya, dia sangat mengharapkan agar peran media dapat mensosialisaikan hal itu. Guna terwujudnya pemilu yang baik dan berkualitas. Untuk pemilih yang belum memiliki KTP elektronik, tapi sudah memenuhi persyaratan sebagai pemilih, Agus juga mengungkapkan tetap akan diakomodir melalui daftar tambahan pemilih. Namun harus memiliki kartu keluarga. Dalam kolom keterangan yang akan diserahkan ke Dukcapil diberikan keterang khusus, " Belum memiliki KTP-E". ‘’Bagi mereka yang telah mencapai usia tujuh belas tahun di bulan April tahun 2019, juga akan diberikan catatan disurat keteranganya, " jelasnya.

Bagi masyarakat pendatang yang baru berdomisili di Palu, serta berkeinginan melakukan pencoblosan, Agus menegaskan bahwa KPU akan tetap melakukan pendataan. Setelah itu, petugas di tingkat kendali akan melakukan koordinasi kepada petugas di daerah mereka masing-masing. Jika memang belum terdaftar di tempatnya, akan diakomodir di Palu. Namun ada ketentuan terhadap hal tersebut.

‘’Untuk saudara-saudara kita yang baru bermukim di Palu, kami akan tetap melakukan pendataan. Jika memang belum terdaftar sebagai pemilih di daerahnya, akan didaftarkan di sini. Namun ada ketentuan terhadap hal itu. Sesuai tingkatan daerah pemilihanya. Misalnya jika yang bersangkutan terdaftar di wilayah kabupaten di daerahnya, otomatis mereka harus memilih di kabupaten juga. Artinya tidak bisa melakukan pencoblosan di Palu,’’ ungkapnya.**

Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
loading...
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN