Proyek Normalisasi Atau Incar Batu Gajah

Reporter : Tim Investigasi KP
PROGRAM Normalisasi Sungai Wala di Kelurahan Watusampu, Kecamatan Ulujadi, Kota Palu mulai dipertanyakan tujuannya. Pasalnya, proyek normalisasi itu dinilai janggal dan aneh. Karena sasaran normalisasi sepandan sungai yang berdampak bencana. Di hilir, sungai mengalami pendangkalan justru tidak dilakukan normalisasi.

Menurut keterangan sumber di lapangan, proyek normalisasi Sungai Wala pun dipertanyakan. Karena yang nampak bagi warga justeru pemuatan batu gajah, dibandingkan kegiatan normalisasi sungai. ‘’Kita biasa melihat proyek normalisasi. Tapi ini bukan menggeruk material, tapi lebih banyak angkat batu gajah saja alat berat dan truk,’’ tutur warga.

Dari hasil investigasi di Sungai Wala, terjadi kubangan di sejumlah titik sungai. Justru kerusakan bahu sungai tepatnya pada sepadan sisi Selatan. Dua alat berat jenis eksavator yang diterjunkan melakukan normalisasi hanya berkosentrasi pada penggalian batu yang diangkut ke Sungai Palu, tepatnya Desa Kaleke, Kabupaten Sigi.

Hal ini telah disampaikan ke Dinas ESDM Provinsi Sulteng melalui Seksi Bidang Pertambangan Umum tak ada tanggapan, dan terkesan pembiaran.  Kepada Kaili Post beberapa waktu lalu pejabat di ESDM, M Zain dikonfirmasi menuturkan kami tanggapi jika ada laporan tertulis. Kegiatan yang tidak mengantongi ijin ini diduga melabrak UU Nomor 4 Tahun 2009 tentang Minerba, yang melakukan kegiatan di luar kawasan IUP pertambangan.


Dalih pengerukan untuk normalisasi sungai dinilai hanya sebagai kamuflase untuk menggali batu Gajah.  Sementara penanggung jawab salah satu perusahaan yang melakukan kegiatan pengerukan batu dengan dalih normalisasi mengaku jika selama ini sudah melakukan normalisasi, dan kegiatan atas ijin lurah.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
loading...
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN