Raperda Burung Walet dan Pengguna Lem Fox Prioritas



Reporter: Firmansyah
EMPAT Peraturan Daerah (Perda) kota akan segera disahkan. Keempat Raperda itu adalah; Raperda Sarang Burung Walet, Raperda penyalahgunaan zat adiktif, Raperda Pemberdayaan Serta Perlindungan Tenaga Kerja dan Revisi Peraturan DPRD Nomor 1 Tahun 2014.

Setelah melalui pembahasan Bapperda bersama instansi terkait, keempat Raperda akan diusulkan di sidang paripurna dalam waktu dekat. Hal itu diungkapkan Ketua Badan pembentukan peraturan daerah (Bapperda) DPRD Palu Mohamad Rum Rabu (30/5/2018).

Rapat yang telah dilaksanakan Bapperda beberapa hari lalu, terdapat tarik ulur terkait empat Raperda yang akan ditetapkam di sidang paripurna. Seperti anggota Komisi A DPRD Palu Bernadeth Sallata. Menurutnya, Bernadeth menyatakan bahwa dalam memilih Raperda yang akan diusulkan nantinya, sebaiknya yang paling krusial. Seperti Raperda penyalahgunaan zat adiktif (lem fox). Karena dua tahun sebelumnya hal tersebut pernah dibahas.

Selain itu, Raperda penyalahgunaan zat adiktif itu sangat mendesak karena sudah merusak generasi muda saat ini. Dalam pemberitaan media massa sudah banyak anak-anak pelajar yang mengonsumsinya. ‘’Bukanya saya tidak memprioritaskan Raperda lainya, namun hal ini sudah lama dibahas. Selain itu juga sangat merisaukan terhadap perkembangan mental dan fisik generasi muda kita,’’ ungkap mantan perawat tersebut.

Sementara itu anggota Bapperda lainya Ridwan Alimuda menjelaskan terkait Raperda sarang burung walet sifatnya belum urgensi. Namun di sisi lain hal tersebut dapat meningkatkan pendapatan asli kota (PAD kota). Karena di daerah lain sudah diatur perda. ‘’Menurut saya Perda burung walet juga mempunyai andil pendapatan kota, dari sisi perizinanya. Selain itu, lokasi pembangunan sarang burung walet juga harus ditentukan. Tidak menutup kemungkinan ke depannya akan berdampingan dengan tempat ibadah. Tentu saja hal ini akan menimbulkan konflik horisontal dengan masyarakat. Jadi saya tetap mendorong Raperda tersebut untuk tetap diakomodir ke tahap selanjutnya,’’ ungkap anggota Komisi B DPRD Palu itu.**



Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN