Sidang Sengketa Informasi Publik PLTU Galumpang




Reporter    : ikhsan madjido
 SIDANG Sengketa informasi publik antara Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tolitoli dengan pemohon informasi publik individu, akan digelar di Kantor Komisi Informasi Sulawesi Tengah, hari ini (Senin, 28/5/2018). Sengketa informasi publik diajukan Hidayat, warga Dusun Kenari Desa Galumpang Kecamatan Dakopemean Kabupaten Toli-Toli ini, terkait informasi dokumen proses penyelenggaraan rencana pembangunan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) yang berlokasi di desanya.

Permintaan informasi tersebut sudah diminta sejak 29 Januari 2018, hingga saat ini belum ada jawaban dari DLH Toli-Toli. ‘’Alasan permintaan dan tujuan penggunaan informasi ini yakni sebagai dasar pengawasan masyarakat dalam penyebarluasan informasi badan publik, karena berdasarkan kondisi saat ini, pihak terkait telah melakukan pemagaran di sekitar lokasi yang digadang-gadang akan dibangun PLTU,” jelas Hidayat kepada Kaili Post, Minggu (27/5/2018).

Pihak DL Tolitoli dinilai tidak pernah memberikan informasi dengan mempublikasikan secara langsung, baik melalui media ataupun secara langsung kepada masyarakat yang dianggap terkena dampak lingkungan dari PLTU yang berlokasi di Desa Galumpang dan desa-desa tetangga lainnya.

Menurut Hidayat, permintaan informasi in merupakan perwujudan hak warga masyarakat sekitar PLTU untuk memperoleh informasi dari badan publik yang tercantum dalam UU No 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik (KIP). Informasi yang diminta warga Galumpang antara lain bagaimana mekanisme proses penilaian kajian dokumen analisis dampak lingkungan (amdal), dan standar operasional prosedur (SOP) dalam penyediaan informasi tahapan rencana pembangunan PLTU. “Karena informasi ini kami tidak peroleh, maka atas nama warga Galumpang kami membawa kasus ini ke komisi informasi,” tutupnya.** 


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN