Tiap Tahun Sektor Pertanian-Perikanan Menurun

Reporter/Donggala : Zubair

KAILIPOST.COM,- DONGGALA- PERTUMBUHAN Ekonomi Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah tiap tahun trendnya makin mengalami perlambatan. Kabupaten tertua itu kini jauh ditinggal oleh kabupaten-kabupaten baru yang dimekarkan di Sulteng. Padahal, kabupaten yang membela ‘Kota Palu’ wilayahnya ini pun kaya akan sumber daya alam, sumber daya manusia. Data Badan Pusat Statistik (BPS) yang dirangkum Kaili Post menyebukan bahwa, tahun 2017 ekonomi Donggala mengalami perlambatan dibanding pertumbuhan tahun sebelumnya. 

Laju pertumbuhan produk domestik regional bruto (PDRB) Donggala tahun 2016 mencapai 4,89 persen. Sedangkan tahun 2015 lebih baik atau diangkat 6,12 persen. 

Pertumbuhan ekonomi tertinggi dicapai oleh lapangan usaha jasa keuangan dan asuransi sebesar 15,10 persen. Sedangkan seluruh kategori ekonomi PDRB lainnya di tahun 2016 mencatat pertumbuhan yang positif. Sepeprti juga kabupaten lain di Sulteng, pertumbuhan yang mengalami trend positif terjadi pada sektor pertambangan dan penggalian yang mencapai 12,23 persen. 

BACA SELENGKAPNYA DI HARIAN KAILI POST...!
Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN