Tokoh Masyarakat Sikapi Tambang Morowali

Foto : Illustrasi
Reporter Morowali: Bambang Sumantri

SEJUMLAH tokoh masyarakat dan ulama Morowali secara mengejutkan mengeluarkan pernyataan sikap terkait kondisi pertambangan.

   Pernyataan sikap tersebut dibacakan di Desa Fatufia Kecamatan Bahodopi, Jum'at (11/5/2018). Mereka meminta kepada semua pihak terutama politikus, komentator, ataupun pengamat yang ada di Jakarta untuk tidak banyak berbicara tentang PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) dan Tenaga Kerja Asing (TKA) yang berada di Morowali, karena mereka menganggap bahwa merekalah yang lebih tahu, dan merasakan keberadaan perusahaan tersebut berpengaruh besar terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat Morowali.

   Mereka mencontohkan bahwa ribuan tenaga kerja telah ribuan yang diterima bekerja di perusahaan tersebut, adanya aliran listrik yang permanen dan stabil, ketersediaan klinik kesehatan yang memberikan pelayanan gratis kepada masyarakat, pembangunan sarana ibadah di area PT IMIP sebagai tempat ibadah bagi karyawan/karyawati serta pembinaan keagamaan secara kontinue, dan kendaraan baik roda dua maupun roda empat milik masyarakat semakin bertambah.

   Mereka juga menyatakan bahwa keberadaan TKA tidak mengusik masyarakat karena telah ada regulasi atau aturan hukum yang mengatur mengenai hal tersebut, dan masyarakat Morowali telah banyak terserap menjadi karyawan perusahaan sesuai skill masing-masing.
   Salah satu point yang juga menjadi penyampaian adalah, untuk tenaga kerja kasar, jika ada dari luar Morowali di seluruh Indonesia yang mau datang di Morowali dipersilahkan karena di perusahaan masih membutuhkan tenaga kerja.
   Pernyataan sikap tersebut mendapat tantangan tegas dari aktivis buruh Morowali, Asnan As'ad yang mengatakan bakal melakukan klarifikasi terhadap pernyataan sikap itu, serta membeberkan data yang diperolehnya agar para tokoh masyarakat membuka mata terhadap kondisi yang terjadi di Morowali saat ini.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
loading...
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN