Untad Peringati Harkitnas



Reporter: Yohanes Clemens 
KAMPUS Universitas Tadulako (Untad), Senin, (21/05/2018) melaksanakan upacara bendera memperingati hari  kebangkitan nasional (Harkitnas) Ke 110. Rektor Prof Dr Muhammad Basir, membacakan sambutan Mentri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) yang berisikan bahwa ketika rakyat berinisiatif untuk berjuang demi meraih kemerdekaan dengan membentuk berbagai perkumpulan, lebih dari seabad lalu, kita nyaris tak punya apa - apa.

Kemerdekaan bangsa bersatu adalah kata kunci ketika kita ingin menggapai cita - cita yang sangat mulia. Boedi oetomo memberi contoh bagaimana berkumpul dan berogranisasi tanpa melihat asal usul primordial, yang akhirnya bisa mendorong tumbuhnya semangat nasionalisme yang menjadi bahan bakar utama kemedekaan.

‘’Boedi Oetomo menjadi salah satu penanda utama bahwa bangsa Indonesia untuk pertamakali menyadari pentingnya persatuan dan kesatuan. Presiden pertama dan proklamator kemerdekaan Republik Indonesia, Soekarno, pada peringatan hari kebangkitan nasional tahun 1952 mengatakan bahwa,
“Pada hari itu kita mulai memasuki satu cara baru untuk melaksanakan satu ide, satu naluri pokok dari pada bangsa Indonesia. Naluri pokok ingin merdeka, naluri pokok ingin hidup berharkat sebagai manusia dan sebagai bangsa. Cara baru itu ialah cara mengejar sesuatu maksud dengan alat organisasi politik, cara berjuang dengan perserikatan dan perhimpunan politik, cara berjuang dengan tenaga persatuan.  ” Para pendahulu yang berkumpul dalam organisasi - organsiasi seperti Boedi Oetamo itu memberikan yang terbaik bagi terbentuknya  bangsa melalui organisasi,” katanya.

110 tahun kemudian, bangsa ini telah tumbuh menjadi bangsa yang besar dan maju, sejajar dengan bangsa-bangsa lain. Meski belum sepenuhnya sempurna, rakyat telah menikmati hasil perjuangan para pahlawannya berupa meningkatnya perekonomian, kesejahteraan, pendidikan, dan sebagainya. Keringat dan darah  pendahulu bangsa telah menjelma menjadi hamparan permadani perikehidupan yang nyaman dalam rengkuhan kelambu kemerdekaan.

Baca selengkapnya di Harian Kaili Post !!!

Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN