Air Terjun Saluopa, Maha Karya Tuhan Yang Sempurna

Reporter/poso    : ishak hakim

AIR TERJUN Saluopa menjadi salah satu Air terjun yang paling familiar bagi masyarakat Poso dan masyarakat di Sulawesi Tengah pada umumnya. Hampir di setiap objek wisata alam di Indonesia memiliki ciri khas tersendiri. Di beberapa tempat misalnya, terdapat pemandangan yang memperlihatkan air terjun yang begitu menakjubkan setiap pengunjung yang datang ketempat itu. 

Pemandangan ini bisa Anda dapatkan ketika mengunjungi air terjun Saluopa di Poso, Sulawesi Tengah. Kota yang memiliki sebutan Tentena itu selain memiliki danau yang begitu luas seperti lautan namun juga memiliki keindahan alam lainya yaitu air terjun yang tidak langsung bermuara ke lautan. Air Terjun Saluopa, begitu masyarakat biasa menyebutnya.

Letak air terjun ini berada di ujung sebelah barat, yang berjarak kurang lebih 14 kilo meter dari Kota Tentena. Tepatnya di Desa Leboni, Kecamatan Pamona Pusalemba, Kabupaten Poso. Air terjun Saluopa bersumber dari mata air yang mengalir dari puncak gunung dengan ketinggian kurang lebih 25 meter. Air terjun ini melewati batuan gunung sebanyak 12 tingkatan yang mengalir deras hingga ke tingkat paling bawah yang berakhir di sungai kecil Desa Leboni.

Dengan ketinggian 25 meter, debit air di sana terbilang deras. Seperti air terjun pada umumnya, di sekeliling Air Terjun Salopa juga terdapat bebatuan yang biasanya dimanfaatkan oleh pengunjung untuk berpose.

Ketika Kaili Post mengunjungi air terjun ini beberapa waktu lalu, begitu banyak orang yang datang ke Salopa dalam rangka mengisi hari libur lebaran. Banyak orang yang sedang bermandian sambil bermain   menikmati kejernihan dan kesegaran air nya. Tentu ada perasaan senang tersendiri jika mengunjungi objek wisata yang banyak dikunjungi oleh khalayak ramai .

Jika sudah puas bermain air, di sebelah air terjun terdapat pondok kayu yang bisa digunakan untuk beristirahat sambil melihat-lihat para pengunjung yang berdatangan dan sambil menikmati air terjun yang begitu indah, seakan melepaskan penat yang ada.

Agar anda tidak penasaran datanglah ke permandian air terjun saluopa Desa Leboni Kecamatan Pamona Utara Kabupaten Poso, Sekadar informasi tiket masuk hanya Rp5.000/orang.**

Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN