Hari Pertama Kerja, KUA Marawola Diserbu Catin

reporter: ikhsan madjido

IBARAT Puskesmas atau sebuah Klinik Kesehatan, Kantor Urusan Agama (KUA) pun menjadi serbuan para pasien catin (Calon Pengantin) yang hendak mendaftarkan pernikahannya di KUA dihari pertama kerja pasca libur panjang. Di KUA Kecamatan Marawola Kabupaten Sigi misalnya, Penyuluh Fungsional sedang sibuk melayani delapan pasangan catin yang hendak mendaftarkan peristiwa pernikahannya di KUA. Empat pasang diantaranya minta rekomendasi nikah.

“Tiga pasang catin lainnya sedang mengikuti kursus calon pengantin (suscatin) yang dibawakan kepala KUA Marawola, sedangkan 1 pasang, belum diproses administrasinya karena masih di bawah umur,” ujar penyuluh fungsional, Muhibbah Ramli, di KUA Marawola, Kamis (21/6/2018).

Pasangan yang belum cukup umur karena masih berusia 18 tahun. “Syarat umur untuk nikah, bagi laki-laki 19 tahun ke atas, sementara perempuan 16 tahun ke atas,” katanya. Pasangan ini pun diarahkan untuk menghadap ke pengadilan agama (PA) Kabupaten Donggala.

Fenomena banyaknya catin menyerbu KUA ini kerap dijumpai di setiap KUA Kecamatan yang dikunjungi pada hari pertama kerja, dan tentunya ini menunjukkan bahwa pelayanan di KUA di hari pertama kerja ini sudah berjalan dengan efektif dengan tingkat kehadiran para ASN yang sangat signifikan.**

Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN