Hidayat : Solat Ied Boleh di Lapangan Vatulemo

Reporter: Firmansyah

SETELAH Melakukan serangkaian pertemuan dan masukan, termasuk prediksi potensi hujan dari BMKG ketika solat ied Idul Fitri 1439 hijriyah di lapangan terbuka. Wali Kota Hidayat memberikan lampu hijau bahwa solat Ied di lapangan Vatulemo tidak masalah. Ia pun memberikan garis mundur agar solat Ied juga dilakukan di masjid-masjid mengingat cuaca.

‘’Artinya bukanya saya bertumpu di lapangan Wali Kota saja. Namun saya juga merekomondasikan di sini. Namun kita harus membuat garis mundur. Bila terjadi intensitas hujan, ‘’ ungkapnya. Menurutnya, bukan merupakan suatu kewajiban untuk salat di lapangan.

Ia juga menjelaskan soal dua tahun terakhir ada pelarangan solat Ied di lapangan Vatulemo. Menurutnya, karena saat itu vatulemo lagi tahap perbaikan, atau rehabilitasi. ‘’Oleh karena itu, mari kita putuskan lokasi solat Ied ini dengan hati yang bersih. Jika memang terjadi hujan, harus ada solusi untuk itu, saya juga mohon diri untuk menghadiri buka puasa bersama di Lapas. Jika ada yang belum jelas, nanti saja ditanyakan,’’ sambil tersenyum.

Sementara itu, Sekot Palu Asri menambahkan bahwa mengingat potensi hujan di tanggal 15 Juni 2018, maka pengalokasian wilayah untuk solat Ied, masih perlu dipertimbangkan. Namun untuk pelaksanaan di lapangan Vatulemo disilahkan saja. Tapi harus ada solusi jika terjadi hujan. Setidaknya ada tempat evakuasi bagi jamaah, " ungkapnya.**








Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN