Jangan Pisahkan Alkhairaat Dengan to Kaili dan to Bugi

Dari Dialog Publik HPA

Reporter : Ikhsan Madjido

KAILIPOST.COM,- SULTENG- ALKHAIRAAT tidak bisa dipisahkan dari to Kaili (orang Kaili) dan to Bugi (orang Bugis) karena Guru Tua, pendiri Alkhairaat dan sebagai turunan ke-35 Nabi Muhammad SAW, telah kawin dengan budaya Kaili yang ditandai dengan pernikahannya dengan bangsawan putri Kaili, Ince Ami.
Hal ini menjadi akar nasionalisme Guru Tua, ditambah lagi ibunya, Andi Syarifah Nur, berasal dari suku Bugis Wajo.

“Jadi jangan dipisahkan Alkhairaat dengan to Kaili dan to Bugi. Selama di tanah Kaili, tidak pernah Guru Tua mencela kearifan lokal to Kaili,” ungkap Dr Abdul Gani Jumat, MA, sebagai narasumber pada Dialog Himpunan Pemuda Alkhairaat (HPA) di gedung Universitas Alkhairaat (Unisa), Kamis (28/6/2018).

“Salah satu muara akar nasionalisme Guru Tua adalah ilmu dan akhlak. Dan hal ini menjadi nilai dasar alim ulama di Alkhairaat,” tambahnya.

Dengan ilmu dan akhlak yang baik dapat diwujudkan cita-cita bangsa dan negara ini.

“Akhlak Guru Tua adalah tidak pernah sekalipun menyalahkan dan menghujat orang lain,” terangnya.

Menurut dosen IAIN Palu ini, akar nasionalisme Guru Tua juga bersumber dari aspek tauhid dan syariat.

Sejak kedatangannya yang pertama kali pada 1911M dan kedatangan kedua pada 1922M, serta sejak Muktamar Al Khairat yang pertama, Guru Tua tidak pernah mempersoalkan Pancasila sebagai dasar negara.

“Dari 1.750 syair dan bait Guru Tua, tak satupun ungkapan yang tidak setuju dengan Pancasila. Olehnya pemuda diharapkan untuk membangun wawasan kebangsaan dan menjaga keutuhan bangsa,” katanya.

Dialog publik yang bertema Peran Pemuda Alkhairaat Dalam Menjaga Kebhinekaan dan Kearifan Lokal demi Menjaga NKRI, juga menghadirkan narasumber Kapolda Sulteng yang diwakili Wadir Binmas, dan Kepala Kesbangpol Sulteng, Dr Fachruddin Yambas, serta dihadiri puluhan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Kota Palu.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
loading...
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN