Jasa Raharja Ikut Cegah Angka Kecelakaan Lalin

Reporter : Iksan Madjido

Terhitung sejak H-7 lebaran sampai tanggal 28/6/2018 kemarin, PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Sulawesi Tengah telah membayarkan kepada 21 ahli waris korban kecelakaan yang tejadi selama mudik dan balik lebaran. “Sampai hari ini, sudah dibayarkan santunan dengan total Rp1,050 milyar kepada ahli waris korban kecelakaan yang meninggal dunia,” ujar staf pelayanan PT Jasa Raharja Sulteng, Ahsani Mulia di ruang kerjanya, Kamis (28/6/2018).

Sementara itu, Kepala Unit Operasional Jasa Raharja Sulteng, Alwin Bahar menyatakan bahwa tak hanya memberikan santunan kecelakaan lalu lintas, Jasa Raharja ikut berperan penting dalam menekan turunnya angka kecelakaan lalu lintas.  Peran Jasa Raharja ini pun ditujukan untuk mendukung program pemerintah dalam upaya menekan jumlah korban kecelakaan alat angkutan penumpang umum dan lalu lintas jalan.

"Sekarang peran kami diminta oleh pemerintah bukan hanya membayar santunan kecelakaan saja, tetapi bagaimana Jasa Raharja juga bisa menekan angka kecelakaan lalu lintas," ujarnya. Dalam pelaksanaannya, Jasa Raharja melakukan upaya preventif kecelakaan yang meliputi kegiatan mudik gratis bersama Jasa Raharja yang ditujukan kepada pengendara sepeda motor, kegiatan pos terpadu dan pos kesehatan.  “Selama lebaran kami membuka posko kesehatan di bandara, terminal dan pelabuhan,” katanya.

Selain itu, pasca lebaran Jasa Raharja kembali mengoperasikan program mobile unit kecelakaan lalulintas (MUKL) yang dilaksanakan seminggu sekali. "Kegiatan kegiatan tersebut, tidak terlepas dari koordinasi dengan instansi terkait dalam hal ini Kemenhub, kepolisian, dan rumah sakit. Inilah upaya preventif yang dilakukan Jasa Raharja untuk menekan jumlah korban kecelakaan lalu lintas,” tambahnya.

Pihak Jasa Raharja juga melakukan sosialisasi keselamatan dalam berlalu lintas kepada operator bus khususnya pengemudi, komunitas motor, komunitas kendaraan bermotor lainnya, dengan tujuan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas jalan. Sosialisasi kepada awak (pengemudi) angkutan kendaraan pribadi maupun angkutan umum ini dilakukan karena banyaknya kecelakaan terjadi akibat dari pengemudinya. "Di samping sosialisasi di komunitas-komunitas juga Jasa Raharja melakukan sosialisasi di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi, karena yang menjadi korban selama ini banyak dari usia-usia muda. Dalam sosialisasi itu kami juga mengimbau agar pengendara motor gunakan helm standar, pengendara mobil pakai sabuk pengaman dan perlengkapan keamanan lainnya," pungkasnya.**



Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
loading...
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN