Kembangkan IKM, Pemkot MoU dengan BI

reporter: firmansyah

MEMACU Pengembangan dan penumbuhan ekonomi di Palu, khususnya  klaster Industri Kecil Menengah (IKM), Pemkot bekerja sama dengan Bank Indonesia perwakilan Sulteng. Untuk mengakselerasikan hal itu, ditandatangani memorandum of understanding (MoU) atau nota kesepahaman bersama.

Acara tersebut juga dirangkai dengan pelatihan pemanfaatan ekonomi digital bagi pelaku usaha mikro kecil menengah dan kelurahan inovasi. Dalam sambutanya, Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setda Palu, Imran Lataha menyampaikan permohonan maaf Wali Kota tidak sempat hadir, karena melakukan kunjungan ke Kementrian Pariwisata RI di Jakarta,  terkait pelaksanaan TDCC Tahun 2018.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada  Perwakilan Bank Indonesia Sulteng  dan narasumber Tokopedia yang telah menfasilitasi kegiatan tesebut, dalam membantu Pemkot Palu untuk menumbuhkan kegiatan ekonomi di Kota Palu.

Menurut Asisten II, tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengembangan usaha kecil mikro menengah, serta pembinaan pelaku usaha ekonomi yang kreatif dan inovatif.  Dalam  mewujudkan tujuan tersebut, diperlukan upaya secara bertahap dan terpola, mulai dari penguatan SDM, penguatan IKM, pengembangan IKM, perbaikan desain produksi, penyiapan pasar sampai saatnya dipercaya oleh Perbankan dalam peningkatan kapasitas usaha.

Selain itu, terjalinnya kemitraan pemerintah, pihak swasta dan perguruan tinggi untuk pengembangan inovasi keanekaragaman usaha masyarakat, dengan memanfaatkan potensi lokal berbasis industri rumah tangga.  Kegiatan tersebut juga menurut Imran merupakan salah satu strategi Pemkot dalam membangun kemitraan dengan BI dan pelaku usaha untuk mendorong percepatan perwujudan, melalui  kemandirian kelompok IKM yang telah dibentuk dengan penguatan kapasitas, pengetahuan pengelolaan kelompok melalui teknologi digital, oleh sebab itu, pemanfaatan teknologi  diharapkan dapat membuka pemasaran produk melalui fasilitas internet.**
Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN