Latopada: Ziarah Kubur Dianjurkan Nabi

Reporter: Firmansyah

KETUA Nahdatul Umat (NU) prov Sulteng, Abdulah Latopada menyikapi terkait program Pemkot dalam memanfaatkan atau memberdayakan situs budaya kearifan lokal. Dengan memberdayakan beberapa makam budaya tokoh Islam di tanah Kaili sebagai salah satu tempat objek wisata religi, menurutnya sah-sah saja.

‘’Kami dari NU Sulteng mendukung hal tersebut. Karena Nabi Muhammad SAW menganjurkan untuk melakukan ziarah kubur, agar mengingatkan umat dengan kematian. Selain itu juga bisa memberikan PAD kepada pemerintah, terutama bagi masyarakat sekitarrnya,’’ jelasnya. Hal itu diungkakanya kepada sejumlah media, Senin malam (11/6/2018) di kediaman Wali Kota.

Menurut Latopada program Pemkot tersebut sangat menginspirasi, khususnya bagi umat Islam di Kota Palu. Karena secara tidak langsung pemerintah mengajak masyarakat untuk melakukan ziarah kubur, dimana hal itu juga dianjurkan oleh agama Islam. Di beberapa kota besar yang ada di Indonesia, hal itu sudah menjadi sesuatu moment besar. Karena di tempat itu bukan hanya sebagai tempat wisata religi, juga untuk objek wisata. Dimana akan terjadi transaksi atau adanya geliat ekonomi di dalamnya. Sehingga bisa menambah pemasukan warga sekitarnya. Sebagai penumbuh kembang ekonomi kerakyatan.

‘’Di zaman Nabi besar Muhammad SAW hal itu pernah dilarang untuk dikerjakan, karena disalahgunakan untuk melakukan penyembahan terhadap orang yang sudah meninggal. Namun setelah turun hadits lain, Nabi kemudian menganjurkan untuk melakukan ziarah kubur, agar umatnya ingat akan kematian,’’ ungkapnya.

Disoal tentang adanya kontroversi dari mazhab lain, terkait bila ada indikasi penyalahgunaan tempat tersebut sebagai lokasi praktek yang dilarang agama Islam, seperti ritual-ritual (bidah) sifatnya bertentangan dengan hukum syarii Ahlul Sunnah Waljamaah, Latopada menegaskan kembali soal sunnah (hadits nabi) dimana sangat dianjurkan untuk melakukan ziarah kubur.  

‘’Dalam hal ini kita jangan melihat kepada aspek kontra indikasinya saja, namun hal tersebut sangat besar manfaatnya daripada mudharatnya bagi masyarakat. Iktibar atau pesan dari Nabi kita sangat jelas untuk memberi peringatan kepada umatnya akan adanya kematian setelah kehidupan, serta memberikan peringatan bahwa kita semua pasti akan ke tempat tersebut,’’ pungkasnya.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN