Masyarakat Peduli API Disosialisasikan

Reporter/luwuk : imam muslik
Foto : Ilustrasi/obrc

UPT KPH Balantak Kabupaten Banggai, melakukan sosialisasi pembentukan masyarakat peduli  API dan program kerjasama masyarakat peduli API MPA, oleh UPT  KPH Balantak, Patrich Frederich, S.Hut.MM, Kepala Desa Kamumu William Monggesang dan warganya , dan para Kepala Seksi UPT KPH.

Acara tersebut dibuka secara resmi Kepala Desa Kamumu. Kepala UPT KPH Balantak Patrich Frederich. S.Hut. MM menyampaikan dirinya dilantik menjadi UPT KPH Balantak kurang lebih tiga bulan, tepatnya tanggal 28 Maret 2018 lalu. Sebelumnya ia menjadi UPT KPH Marowali utara. Ia antusias membangun Kabupaten Banggai.

Perlu diketahui sejak 2013 adanya UU No. 23 Tahun 2014, bahwa kewenangan kehutanan di kabupaten digeser ke propinsi. Sehingga hilang dinas kehutan kabupaten, dan dinas pertambangan. Akibat kebijakan itu, di kabupaten hanya ada kesatuan pengolaan hutan. Tugasnya yaitu mengurus kawasan dan mengurus yang di luar kawasan.

Jadi segala persoalan–persoalan yang terjadi di kawasan adalah tanggungjawab KPH. Sasaran KPH adalah yang berada di pinggiran kawasan. Desa Kamumu ini atau mereka yang mendiami di pinggiran – pinggiran kawasan. Tujuannya untuk menjaga daerah kawasan agar tidak terjadi kebakaran, itu yang paling diutamakan.

Patrich menghimbau supaya segera membentuk team regu dan setiap regu akan di SK-kan, setiap regu terdiri dari 15 orang. ‘’Jadi apabila ada persoalan yang timbul dalam acara sosialisasi ini akan segera dibahas bersama. Inti nya nanti masyarakat peduli API.

Setiap peserta nanti akan dibuatkan kartu anggota, akan dilatih cara mengendalikan, cara menggunakan alat, terangnya. ‘’Memang ada pendidikan tersendiri sementara waktu pendidikan hanya dua hari tidak akan cukup dan minimal hampir sebulan. Pendidikan tersebut sudah pernah diadakan di Palu dan kemungkinan untuk daerah kabupaten Banggai khususnya KPH Balantak ini belum pernah diikutkan.’’ Terangnya.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN