Masyarakat Penting Memahami Nilai Pancasila


Reporter: Yohanes Clemens
SELURUH Elemen masyarakat Indonesia penting memahami dan mengamalkan nilai - nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Hal itu dikatakan Rektor Universitas Tadulako (Untad), Prof Dr H Muh. Basir Cyio, kepada para awak media, Jumat 1 Juni 2018.

Prof Basir mengatakan, pemahaman saja tidak cukup jika tidak dibarengi dengan implementasi. Sebab, bila pemahaman seseorang terhadap nilai-nilai Pancasila sulit diukur, jika tidak dibarengi dengan implementasinya di kehidupan sehari-hari.

‘’Jika dari segi memahami sulit kita ukur, yang bisa kita baca adalah apa yang muncul di tengah-tengah masyarakat. Sehingga, beda antara implementasi dan pemahaman, belum tentu orang memahami itu bisa mengimplementasikan. Ada orang yang memahami, tetapi implementasinya rendah, ada yang implementasinya luar biasa tapi sebenarnya dia tidak terlalu memahami,’’ ujar rektor.

Olehnya, kondisi yang ideal menurut Prof. Basir adalah orang bisa memahami dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila. Sedangkan yang lebih luar biasa lagi, kalau tidak memahami tetapi implementasinya itu luar biasa. "Bila ditanya tentang nilai-nilai Pancasila dia tidak terlalu paham, tetapi dia santun, menghargai orang, toleransinya luar biasa, itu kan implementasi namanya,” terang Prof Basir.

Berbicara mengenai pengamalan nilai-nilai Pancasila pasti akan menimbulkan pendekatan-pendekatan yang berbeda, dan menghasilkan perbedaan persepsi. "Saya mengingatkan, di balik perbedaan pendekatan dan persepsi tersebut, semua hendaknya memiliki tujuan yang sama, yakni mewujudkan Pancasila sebagai dasar negara yang bisa mewarnai kehidupan masyarakat Indonesia," jelasnya.

Di dalam perbedaan cara pandang inilah yang menimbulkan perbedaan persepsi. Tetapi kita juga sepakat, bahwa tujuannya untuk bagaimana Pancasila bisa muncul dalam nurani kita masing-masing. Tujuannya tetap mulia, yakni bagaimana bisa mewujudkan Pancasila itu bisa mewarnai kehidupan kita.**



Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN